Kontrol Linux dengan Android

Mari akses Linux dari perangkat Android yang kamu miliki! 

Jika kamu adalah pengguna setia distro Linux dan Android, sekarang ada aplikasi yang bernama LinuxBlueControl yang dapat kamu gunakan untuk mengontrol beberapa hal di komputer Linux kamu. Aplikasi LinuxBlueControl hanya tersedia di Android dan menggunakan koneksi Bluetooth untuk mengakses komputer Linux kamu.

Karena menggunakan Bluetooth, jarak kontrol yang dapat kamu lakukan terbatas. Namun keuntungannya, kamu tidak perlu repot-repot mencari koneksi Wi-Fi atau koneksi Internet lain untuk dapat mengontrol komputer Linux kamu. Tentunya ini berbeda dengan jika kamu menggunakan aplikasi kontrol seperti TeamViewer yang menggunakan koneksi Internet.

Memang tidak semua aplikasi dapat kamu kontrol dengan menggunakan LinuxBlueControl, tetapi aplikasi ini terus dikembangkan untuk menambahkan beberapa fungsi lain. Sampai saat ini LinuxBlueControl masih menyediakan fasilitas akses ke foto, kontrol mouse, browse file, dan kontrol VLC.

Persiapan
Untuk dapat menggunakan aplikasi LinuxBlueControl, ada dua jenis aplikasi yang perlu kamu pasang. Pertama adalah aplikasi LinuxBlueControl untuk lingkungan Linux kamu. Aplikasi kedua adalah aplikasi LinuxBlueControl yang dapat kamu pasang di Android melalui Google Play.

Sampai saat ini ada tiga distro Linux yang dilaporkan dapat menjalankan LinuxBlueControl, yaitu Ubuntu 12.0, Debian 6.0.6, dan Fedora 17. Adapun library yang wajib sudah terpasang di lingkungan Linux kamu adalah libx11 (libx11-devel), libXtest (nama paket libXtst-devel), libbluetooth, libudev, dan BlueZ (bluez-devel). Aplikasi lain yang harus terpasang adalah BlueZ, VLC (VideoLan) dan GpicView di lingkungan X11. Karena GPicView merupakan bagian dari window manager LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment), tentunya akan lebih mudah jika kamu memasang LXDE sebagai alternatif GNOME atau KDE di lingkungan Linux kamu.

Pada umumnya jika kamu menggunakan distro-distro tersebut, semua aplikasi dan pustaka yang dibutuhkan sudah tersedia dan tinggal dipasang saja. Namun jika seandainya memang kesulitan, kamu perlu mencari solusinya di forum-forum Linux.

Setelah semua terpasang, unduh file LinuxBlueControl dari http://sourceforge.net/projects/lbcs/. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:

 

1. Jalankan aplikasi Terminal, dan masuklah ke folder tempat file linuxbluecontrol.tar.gz berada. Mekarkan file linuxbluecontrol.tar.gz dengan perintah:

tar xzvf linuxbluecontrols-1.0.tar.gz

2. Kemudian masuklah ke folder linuxbluecontrol dengan perintah:

cd linuxbluecontrols-1.0

3. Dari dalam folder tersebut, jalankan perintah:

./configure

t8-432-KLdA-gb14

 

4. Jika ada masalah karena ada pustaka yang kurang, kamu harus memasangnya terlebih dahulu. Jika berhasil, pembuatan file untuk kompilasi telah selesai.

 

5. Berikutnya, masuklah sebagai root dan jalankan perintah berikut:

make & make install

6. Jika semua lancar, akan terbuat sebuah file bernama linuxBlueControlS dan tersimpan pada folder /usr/local/bin.

 

Setup Koneksi Bluetooth
Selanjutnya, atur koneksi antara perangkat Android kamu dengan komputer Linux kamu menggunakan Bluetooth. Pada umumnya hampir semua distro linux yang lebih modern sudah menyertakan aplikasi antarmuka di lingkungan window manager untuk mengatur koneksi menggunakan Bluetooth. GNOME, KDE, atau Enlightment sudah menyediakan fasilitas untuk pengaturan Bluetooth.

Di sini akan digunakan GNOME sebagai dasar penulisan.

t8-432-KLdA-gb21

 

1. Pada GNOME, jika ada periferal dongle Bluetooth atau komponen Bluetooth yang sudah terpasang di papan sirkuit, di kanan atas layar GNOME sudah ada ikon Bluetooth. Untuk menghidupkan Bluetooth, cukup klik ikon tersebut dan ubahlah menjadi ON untuk item Bluetooth dan Visibility.

 

 

t8-432-KLdA-gb22

 

2. Pada perangkat Android kamu, aktifkan Bluetooth pada halaman Settings, lalu tap item Bluetooth untuk melakukan pencarian komputer. Untuk mencari, tap tombol [Search for devices]. Jika nama komputer yang kamu tuju sudah muncul, tap item tersebut dan masukkan PIN untuk otorisasi, dan tap [OK]. Pada layar GNOME kamu, akan muncul dialog yang PIN seperti yang sudah ditetapkan di perangkat Android. Jika sukses, perangkat Android dan komputer Linux kamu langsung terhubung.

 

Menggunakan LinuxBlueControl
Setelah semua siap, sekarang kamu tinggal menjalankan LinuxBlueControl server di sisi komputer Linux kamu dan LinuxBlueControl client di sisi perangkat Android kamu.

t8-432-KLdA-gb31

 

1. Di komputer Linux kamu, pada aplikasi Terminal jalankan linuxbluecontrol server dengan perintah: /usr/local/bin/linuxBlueControlS.

 

t8-432-KLdA-gb32

 

 

2. Jika server sudah jalan baik, sekarang di perangkat Android kamu jalankan aplikasi LinuxBlueControl yang akan menampilkan menu utama.

 

 

 

t8-432-KLdA-gb33

 

3. Langkah pertama adalah menentukan letak LinuxBlueControl server. Caranya, tap ikon Bluetooth, dan tap item Search Server. Ketika nama komputer Linux kamu ditemukan, tap item komputer tersebut. Jika berhasil, status “Connected” akan diinformasikan. Silakan tap tombol Back. Jika ingin mengontrol mouse dari ponsel, tap ikon Mouse dan gerakan jari kamu di layar simulasi mouse. Maka otomatis kursor mouse di layar komputer Linux juga akan menyesuaikan.

 

 

t8-432-KLdA-gb34

 

 

4. Mengontrol VLC atau melihat foto juga dapat dilakukan dengan mudah. Tap ikon Picture untuk mengontrol preview gambar di layar komputer Linux kamu dari Android. Tap ikon VLC jika ingin mengontrol VLC.

 

 

t8-432-KLdA-gb35

 

 

5. Ingin mematikan atau restart komputer Linux dari Android? Cukup tap item System.

 

 

 

 

Naskah: Budi Susanto [[email protected]]

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.