Enclosure Patriot Gauntlet Node Akses Data di Udara

Umumnya orang membeli harddisk portabel untuk memboyong data mereka ketika bepergian sehingga bisa diakses dimana saja. Namun, konsep mobile di storage ini jadi terlihat kurang fleksibel manakala akses yang dilakukan kini juga melibatkan tablet dan smartphone yang justru lebih sering dibawa daripada laptop. Sejatinya memang hard disk eksternal atau flash disk ditancapkan pada laptop dan perlu konektor khusus jika harus disambungkan ke smartphone dan tablet. Di sinilah solusi media simpan dari Patriot sangat membantu.

U6-432-PatriotPatriot Gauntlet Node pada dasarnya merupakan casing (enclosure) untuk hard disk 2,5˝ atau SSD agar media simpan bisa nyaman dibawa bepergian. Nah kerennya, enclosure ini tak hanya menyediakan koneksi USB 3.0 yang sudah umum, namun juga komunikasi wireless yang memungkinkan pertukaran data berlangsung tanpa kabel. Dengan begini, enclosure tak hanya terhubung ke satu perangkat saja namun bisa terhubung hingga 8 gadget sekaligus.

Agar peranti ini mengaktifkan Wi-Fi secara mandiri (tanpa perlu koneksi ke adapter atau komputer) maka di dalamnya disertakan baterai Lithium-Ion yang sanggup bertahan sampai 5,5jam. Untuk mengakses Patriot Gauntlet Node secara nirkabel diperlukan aplikasi “Gauntlet Connect” dari market masing-masing sistem gadget untuk kemudian terkoneksi dengan SSID GauntletNode. Selain kompatibel dengan sistem seperti Windows (via USB), Patriot Gauntlet Node memang mendukung pemakaian pada platform iOS, Android, dan Kindle Fire.

Ketika sudah terhubung, peranti ini akan dikenali gadget kamu sebagai Wi-Fi Drive yang navigasinya dibuat bersebelahan dengan media simpan lokal di gadget kamu. Di sini file bisa dengan mudah dinavigasikan (copy, del, rename, move) layaknya memakai media simpan portabel umumnya. Untuk materi multimedia macam foto, musik, dan video bisa langsung dinikmati secara streaming tanpa perlu mengopi terlebih dulu.

Dengan kemampuan terkoneksi pada 8 gadget secara simultan tentu saja Patriot Gauntlet Node terbilang sangat praktis. Namun, perhatikan juga  status baterai agar akses nirkabel tak berhenti mendadak di tengah proses. Sebuah tombol untuk mengetahui indikator baterai ini ada di bagian sampingnya.

Patriot Gauntlet Node merupakan solusi untuk media simpan yang keren berkat koneksi ekstra secara wireless yang memungkinkan banyak peranti langsung mengakses datanya tanpa repot dengan kabel. Mereka yang kerap membawa banyak data cocok dengan solusi cloud portabel macam ini.
(dap)

 

Navigasi Wi-Fi Drive  yang bersebelahan dengan media simpan lokal amat memudahkan upload/download file dari gadget ke Patriot Gauntlet Node atau sebaliknya.
Navigasi Wi-Fi Drive
yang bersebelahan dengan media simpan lokal amat memudahkan upload/download file dari gadget ke Patriot Gauntlet Node atau sebaliknya.

 

Kompartemen bagian dalam.  Di sini terdapat baterai sebagai tenaga kala aktif. Untuk media simpan disediakan pula empat bola bantalan yang memantapkan dudukannya.
Kompartemen bagian dalam.
Di sini terdapat baterai sebagai tenaga kala aktif. Untuk media simpan disediakan pula empat bola bantalan yang memantapkan dudukannya.

 

Spesifikasi

Interface USB 2.0/3.0 & Wireless
Kapasitas
Tombol Akses Power & baterai
Software Gauntlet Connect (via market)
Bobot 183gr
Situs http://www.patriotmemory.com
Garansi 1 Tahun
Harga* US$115 (tak termasuk HDD/SSD)

*Techno Solution (021) 62301274

 

+ Koneksi USB 3.0 dan wireless, fungsi proteksi, navigasi mudah.

Harga agak tinggi.

 

 

Rating  7,9

 

Foto : dok. Patriot

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.