Sentry: Solusi Otomatis Wi-Fi di Android

sentryPengguna Android dihadapkan pada persoalan baterai pada perangkat yang mudah terkuras habis. Dua cara praktis untuk menghadapi masalah ini adalah menurunkan tingkat kecerahan layar dan mematikan Wi-Fi saat tidak diperlukan.

Saat kamu berada pada lingkungan tanpa Wi-Fi, maka mematikan Wi-Fi adalah satu-satunya cara agar kamu bisa menghemat daya baterai. Namun saat lupa menyalakan Wi-Fi di area hotspot, kamu akan kehilangan kesempatan untuk membuka e-mail dan berbagai hal lain yang terkait dengan Internet.

Solusinya, gunakan Sentry. App Sentry akan menjalankan semua solusi otomatis untuk pengaktifan dan penonaktifan Wi-Fi pada Android, tergantung pada ketersediaan router dan koneksi Internet. Simak yuk tahapan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi secara otomatis:

  1. Unduh Sentry pada Google Play Store, tepatnya pada: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dimet.sentry, lalu jalankan proses instalasi.
  2. Setelah diaktifkan, Sentry akan mengaktifkan Wi-Fi secara otomatis pada saat membuka kunci pada layar (Check connection if screen unlocked), menjalankan reboot pada perangkat (Start every time the phone boots), dan setelah koneksi internet terdeteksi pada interval tertentu (Polling Interval minutes). Kamu cukup tap pada opsi yang diinginkan
  3. Tap pada opsi Check Wifi if turned off pada layar home app, maka akan secara otomatis mengaktifkan pengaturan Wi-Fi yang telah kamu konfigurasikan. App akan mendeteksi secara otomatis status Wi-Fi pada Android, dan mengatur semua opsi terkait dengan Wi-Fi.
  4. Untuk mempermudah gambaran cara kerja app, maka ketika opsi Check Wifi turned off diaktifkan, Polling Interval (minutes) diatur pada angka 20 menit dan Time to wait for a connection diatur ke posisi 15 detik, lalu klik tombol Activate. Maka Wi-Fi pada perangkat Android akan diaktifkan dan memeriksa kemungkinan koneksi internet selama 15 detik. Jika koneksi internet terdeteksi, Wi-Fi akan dijalankan. Ketika koneksi internet terputus atau kamu berada di luar jangkauan router Wi-Fi, Sentry akan memeriksa ulang koneksi setelah 20 menit kemudian, dan akan menentukan pengaturan aktivasi Wi-Fi. Ketika tidak tersedia koneksi Wi-Fi pada selang waktu yang telah ditentukan, app secara otomatis akan mematikan Wi-Fi.

Sentry bisa kamu unduh secara free pada Google Play Store (dengan penyertaan iklan), atau US$ 0,99 untuk app Sentry yang bebas iklan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.