Friday, April 19, 2024
Review HardwareReview Produk

Smartphone Xtreamer AiKi 5˝

Smartphone Pertama yang Menghalalkan Rooting di Android-nya

Xtreamer buat sebagian orang merupakan merek yang lekat dengan produk audio video. Kebanyakan produk-produk Xtreamer adalah multimedia player, lengkap dengan segala asesorinya. Tapi yang datang ke PCplus kali ini bukan pemutar multimedia, melainkan jenis smartphone dengan sistem operasi Android.

U2-432-XtreamerBisa jadi ini merupakan smartphone pertama dari Xtreamer yang hadir di Indonesia. Itulah sebabnya supaya menarik minat calon penggunanya Xtreamer menyematkan banyak hal unik di produknya ini. Salah satu yang menarik perhatian PCplus adalah hadirnya sistem operasi Android yang sudah di-root. Jujur, ini kali pertama PCplus menemukan perangkat Android dengan keadaan sudah di-root ketika keluar dari pabrik. Bahkan Xtreamer seakan mempersilahkan produknya dioprek dengan menyediakan sistem recovery Android berbasis ClockWork-Mod (CWM).

Singkatnya, dengan CWM ini kamu bisa mudah mengganti sistem operasi Android (ROM) milik Xtreamer. Tentunya dengan ROM yang sesuai pula supaya tidak bermasalah. Tapi tanpa diganti pun, ROM bawaan Xtreamer AiKi 5˝ menurut PCplus sudah nyaman dipakai. Terlebih di beberapa hari pertama setelah PCplus mencobanya, Xtreamer AiKi 5˝ menawarkan update terbaru dari ROM-nya. Ya, secara berkala Xtreamer memang menyediakan update langsung lewat internet (OTA).

Selain hadir dengan Android yang sudah diroot, Xtreamer AiKi 5˝ juga menawarkan banyak fitur kunci di serinya ini, seperti Dual SIM, kamera 5 megapiksel, layar 5˝ serta baterai berkapasitas 2200mAh yang diklaim bisa mendayai selama 360jam nonstop dalam keadaan stand by. Oh ya, software kemera milik smartphone ini juga sanggup melakukan interpolasi foto yang diambil dengan kamera 5 megapikselnya menjadi foto berukuran 12 megapiksel.

Mencoba memainkan beberapa game di Xtreamer AiKi 5˝ PCplus sama sekali tidak  menemukan masalah. Hanya di game dengan grafis yang agak berat tampilannya kadang menunjukkan lag. Maklum, prosesor single core berkecepatan 1GHz dibantu memori utama 512MB itu harus bekerja keras menampilkan grafis di layar 5˝-nya. Untungnya, beberapa fitur lain lebih lancar dipakai, seperti saat merekam video, mengambil foto dengan fokus otomatis, sampai memutar aneka multimedia.

Beberapa yang menjadi perhatian saat memakai produk Xtreamer ini adalah tebal dan bobot perangkat yang menurut PCplus agak berlebih sehingga kurang nyaman saat dimasukkan ke saku. Selain itu, sensor GPS yang ada di peranti Xtreamer ini juga kurang sensitif dan sering kali butuh waktu lama untuk bisa mendapatkan lokasi pengguna. Perhatikan juga saat menggunakan flash kamera agar tidak terlampau jauh dengan obyek. Flash ini juga menurut PCplus kurang efektif menerangi obyek yang ada di ruang temaram.
(bsd)

 

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.1
Total2384
Linpack Android
Single Thread33,26 MFLOPS
Multi Thread33,22 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity1114
Games1434

 

Kamu bisa memakai  dua SIM GSM-GSM di perangkat ini. Keduanya bisa aktif bersamaan dan salah satunya mendukung koneksi HSDPA.
Kamu bisa memakai
dua SIM GSM-GSM di perangkat ini. Keduanya bisa aktif bersamaan dan salah satunya mendukung koneksi HSDPA.

 

Tombol pintasan fisik  yang disediakan Xtreamer cukup banyak. Ada Search, Back, Home, Switch App dan Phone.
Tombol pintasan fisik
yang disediakan Xtreamer cukup banyak. Ada Search, Back, Home, Switch App dan Phone.

 

Spesifikasi

ProsesorMediatek MTK6575 1GHz (Single Core)
Memori Utama512MB
Media Simpan Internal4GB
Jaringan SelularGSM/EDGE 850/900/1800/1900 MHz; WCDMA/UMTS/HSPA 850/2100 MHz atau 850/1900 MHz
Wireless802.11b/g/n, A-GPS, GPS
KameraBelakang 5 megapiksel, depan 0,3 megapiksel
Koneksi LainMicro-USB, MicroSD, 3,5mm (audio)
Layar5˝ 480 x 800 piksel capacitive touchscreen
Sistem OperasiAndroid versi 4.0.3
Dimensi14,6 x 7,82 x 11,5 cm
Bobot223gr
Situs webhttp://www.xtreamermobile.com
Garansi1 Tahun
Harga*Rp. 2.286.000,-

*JakartaNotebook.com (021) 56985511

 

+ Layar besar, root, ClockWorkMod, kapasitas baterai besar, kualitas layar.

Flash kurang terang, berat, tebal, GPS kurang responsif.

 

Rating  7,7

 

Foto : dok. Xtreamer

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu