System Power Shortcuts: Hadirkan Tiles Shutdown, Restart dan Log Off di Start Screen Windows 8

system power shortcutsDengan munculnya Start Screen di Windows 8, maka Start Orb pun menghilang. Beberapa bagian yang dulu tersedia di Start Orb juga dihilangkan, di antaranya Shutdown dan berbagai opsi power lainnya.  Kamu yang ingin menambahkan Tile pada Start Screen, juga berbagai opsi Power seperti Shutdown, Hibernate, Sleep, Lock, dan Restart dipersilakan menggunakanSystem Power Shortcuts. Aplikasi ini bisa diunduh di alamat: http://wall.jaysonragasa.net/wall/post/2012/06/17/Windows-8-System-Power-Shortcuts.aspx.

Sebelum menggunakan System Power Shortcuts, kamu bisa mencoba cara lain untuk mengakses opsi Power, yakni dengan Charms Bar. Berikut tahapannya:

  1. Gerakkan kursor pada pojok kanan bawah, lalu pilih Settings pada Charms Bar.
  2. Klik tombol Power yang tersedia pada Charms Bar, atau pilih opsi lain terkait power (Sleep, Shutdown, atau Restart).
  3. Atau tekan Alt+F4 pada keyboard, lalu klik operasi power yang akan kamu lakukan.

Kembali lagi ke System Power Shortcut yang telah kamu instal pada sistem. Kamu hanya harus menambahkan Tile yang akan kamu inginkan dari opsi Hibernate, Lock, Restart, Shutdown, dan Sleep. Cara cepat menjalankan operasi power dengan app adalah:

  1. Klik tile System Power Shortcut untuk membuka menu utama aplikasi.
  2. Pada bagian ini, kamu bisa menentukan waktu tunggu untuk menjalankan operasi power yang kamu inginkan dengan menggeser bar di pojok kiri bawah antarmuka.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.