Virtual Router: Koneksi Internet Wireless tanpa Ad Hoc

virtual routerSalah satu app yang bisa kamu gunakan untuk membagi koneksi internet secara Wi-Fi adalah Virtual Router. Seperti Wi-Fi Hotspot Creator, app akan mengubah komputermu menjadi virtual Wi-Fi hotspot, sehingga orang lain bisa terhubung ke komputer dan menggunakan internet.

Virtual Router tersedia secara free, merupakan aplikasi open source yang berbasis pada router untuk PC yang menggunakan sistem operasi Windows 7 dan Windows Server 2008 R2. Gunakan Virtual Router untuk membagi berbagai koneksi internet ke semua perangkat WiFi (laptop, smartphone, iPod Touch, ponsel Android, netbook, dan sebagainya). Semua koneksi yang terjadi via Virtual Router menggunakan WPA2 yang merupakan enkripsi wireless yang secara relatif teraman.

Di mana saja kamu bisa mengaplikasikan Virtual Router? Di mana saja bisa! Di rumah, kantor, sekolah, bandara, terminal bis, perpustakaan, taman, rumah sakit, dan area mana pun yang kamu inginkan. Tidak seperti app sejenis, Virtual Router tidak hanya free, tapi tidak akan mengganggumu dengan iklan. Virtual Router tidak melacak trafik web-mu dan berbagai tipe pelacakan lain yang biasa dilakukan oleh app yang disertai iklan.

Berikut adalah tahapan menggunakan Virtual Router :

  1. Unduh app pada alamat sebagai berikut: http://virtualrouter.codeplex.com/downloads/get/93540 , lalu jalankan proses instalasi.
  2. Jalankan app Virtual Router, maka jendela app Virtual Router Managerv0.9 Beta pun terbuka.
  3. Masukkan nama jaringan WiFi yang akan kamu buat pada isian Network Name (SSID).
  4. Pilih dan tentukan Password yang akan kamu gunakan pada jaringan Wi-Fi.
  5. Gunakan menu drop-down Shared Connection untuk memilih koneksi yang akan kamu bagi.
  6. Klik tombol Start Virtual Router untuk mulai menjalankan hotspot-mu.
  7. Kamu akan bisa melihat semua komputer yang terhubung ke Wi-Fi mu dengan melihat pada bagian Peers Connected.

Apa beda Virtual Router dengan Ad-Hoc? Ad-Hoc cocok digunakan pada kondisi untuk menghubungkan dua komputer, dan untuk membagi koneksi internet

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.