Di Twitter, Vine Kalahkan Popularitas Instagram

vine twitterJAKARTA, KAMIS – Mana yang lebih kamu suka lakukan di Twitter? Nonton klip video pendek? Atau menikmati foto-foto gaya? Tepatnya, mana yang lebih kamu pilih sekarang, Instagram untuk berbagi foto, atau Vine untuk berbagi klip pendek video?

Dibandingkan Instagram, ternyata Vine sekarang lebih populer loh di kalangan pengguna websiste microblogging Twitter.

Begitu menurut lembaga analitik Topsy, yang mengklaim bahwa pada 7 Juni, atau beberapa hari setelah Twitter merilis app Vine untuk Android, layanan video itu mengalahkan Instagram dalam total Twitter shares. Vine mencatatkan 2.461.119 mentions, sementara Instagram berjumlah 2.266.593.

Popularitas Vine terus meningkat. Topsy mencatat 2.966.979 Vine shares pada 8 Juni. Untuk Instagram angkanya adalah  2.471.044 shares.

Lebih populernya Vine bisa jadi karena Vine didukung oleh Twitter Cards sehingga pengguna bisa menonton klip video enam-detik dari tweet pengguna lain. Pengguna Instagram tidak bisa melakukan ini karena dukungan untuk Twitter Cards belum lama ini ditarik Instagram. Jadi mereka harus mengklik via tautan-tautan untuk melihat gambar di layanan tersebut.

Tapi kelihatannya Vine tidak hanya lebih populer di Twitter. Ia juga mengalahkan Instagram di Google Play store. Saat ini di Android app store, Vine menjadi top social app, dan app gratis paling populer  no.4 di Google Play. Instagram duduk di peringkat 5.

Di iTunes App Store, pekan lalu Vine diunduh 13 juta kali pada iOS. Di app iOS, Vine menyuguhkan fitur unik Zoom. Namun di Android, Vine belum mendukung kamera depan, mention, hashtag, atau Facebook sharing.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: