Buffalo HD-GDU3, Hard Disk Cakram Secepat SSD

buffalo-hdJAKARTA, KAMIS – Ada produk hard disk eksternal baru dari Buffalo yang cukup menarik. Ia diklaim memiliki transfer data 408Mbps dengan antarmuka USB 3.0, padahal ini adalah hard disk cakram yang ditambahkan “bekal” khusus supaya bisa menandingin solid state disk (SSD).

Software Turbo PC EX yang jadi bawaan Buffalo DriveStation DDR HD-GDU3 adalah salah satu bekal khusus tadi. Dengan bantuan Turbo PC EX, kecepatan transfer data maksimal bisa didongkrak hingga 5Gbps. Hard disk eksternal yang tersedia mulai kapasitas 2TB hingga 3TB ini juga punya cache DRAM sebesar 1GB untuk meningkatkan efisiensi transfer data sekaligus meningkatkan kinerja.

“Dengan adanya teknologi HD-GDU3 ini, konsumen mendapatkan performa yang tinggi dalam transfer data yang setara dengan kecepatan transfer SSD tetapi dengan harga yang lebih terjangkau dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.” jelas Andy Shien, Buffalo Product Manager PT ECS Indo Jaya, distributor tunggal Buffalo di Indonesia.

Kelebihan lain DriveStation HD-GDU3 adalah  Simple Plug and Play, sehingga tidak perlu melakukan instalasi driver maupun software khusus agar mendapatkan performa dan kecepatan yang menandingi SSD. Drive Station HD-GDU3 dapat digunakan disistem operasi Windows dan Apple. Buffalo HD-GDU3 dibandrol di kisaran harga 150 dolar untuk yang berkapastias 2TB dan 185 dolar untuk kapasitas 3TB

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.