Menkominfo: Perlu Bangun Visi untuk Kembangkan Industri ICT Nasional

menkominfo tifatul sembiringJakarta – Saat ini pertumbuhan industri telekomunikasi nasional tercatat mencapai lebih dari 10%. Sehingga saat ini industri ICT menjadi salah satu motor penggerak perekonomian nasional. Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring berharap adanya sinergi antara pemerintah dan pengusaha agar perkembangan industri ICT ini dapat berdampak positif ke depannya. Menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bukan malah menjadi kuli dari pertumbuhan ini.

Oleh karena itu, lewat forum yang mempertemukan pemerintah dan dunia industri dalam pameran ini, Tifatul menyampaikan harapannya agar ada masukan dari dunia industri kepada pemerintah sebagai pembuat regulasi agar terbangun visi dunia ICT nasional ke depan, tuturnya saat pembukaan Indonesia Cellular Show (ICS) 2013 di JCC, Jakarta, Rabu (12/6/2013). Tifatul kemudian menyinggung pembicaraannya dengan mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yeuw. Pandangan sang perdana menteri yang visioner mengenai Singapura yang hendak dijadikan sebagai hub bagi seluruh kegiatan ekonomi Asia Tenggara membuat negara mungil itu menjadi pemain penting dalam perekonomian di regional. Pandangan visioner seperti inilah yang menurut Tifatul dibutuhkan untuk memajukan industri ICT nasional.

Selain membuka forum diskusi industri, ICS 2013 yang diadakan di Jakarta Convention Center ini, juga diisi dengan berbagai konferensi, diantaranya Mobile Cloud Computing dan Increase Business with Wifi. Pembicara, peker telematika, dan komponen telekomunikasi nasional akan ikut berbicara dalam forum ini. Pameran yang memasuki usia ke sepuluh ini awalnya memang ditujukan sebagai ajang sosialisasi kemajuan dunia telekomunikasi. Meski akhirnya program berjualanlah yang lebih dominan terlihat.

Beberapa komunitas juga memanfaatkan kesempatan ini untuk berkumpul. Salah satunya adalah komunitas Android dan iPhone. Akan diadakan juga Droid Academy dimana kamu akan mendapatkan edukasi dan informasi mengenai seluk beluk Android. Dalam kesempatan ini, Tifatul juga menyebutkan pentingnya dukungan infrastruktur fisik untuk mendukung kemudahan transaksi online.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^