Rapoo, Tawarkan Periferal Berfrekuensi 5,8 GHz

Rapoo_Logo

Jakarta – Ditengah kian stagnannya bisnis PC di tanah air, Rapoo hadir sebagai salah satu penyedia periperal alias pelengkap PC. Meski demikian, Harry Kartono, Country Manager Rapoo optimis perusahaan asal Cina ini bisa bertahan dengan menyiapkan perangkat-perangkat nirkabel konvergensi. Konvergensi disini adalah perangkat yang bisa digunakan baik untuk PC, laptop, juga perangkat mobile.

Perangkat nirkabel juga jadi andalan Rapoo sebagai kunci dari penyediaan perangkat konvergensi itu. Rapoo bahkan mengklaim sebagai perusahaan perangkat nirkabel terdepan yang telah menggunakan teknologi nirkabel terkini, yaitu teknologi nirkabel 5,8 GHz. Biasanya perangkat nirkabel berjalan di frekuensi 2,4 GHz. Frekuensi 2,4 GHz digunakan oleh banyak perangkat, telepon, berbagai perangkat nirkabel, bahkan microwave.

Berbagai gelombang yang berjalan di frekuensi yang sama ini akan menimbulkan interferensi atau gangguan satu sama lain. Nah,dengan menggunakan frekuensi baru ini, interferensi terhadap perangkat nirkabelmu berkurang karena tak banyak yang menggunakan frekuensi ini untuk koneksi nirkabel mereka. Sehingga, koneksi nirkabel perangkatmu lebih terpercaya dan nyaman digunakan. Selain itu, Harry juga percaya bahwa pangsa pasar PC, baik desktop maupun laptop, masih terbuka lebar di tanah air. “Saat ini baru 15% dari seluruh penduduk Indonesia yang menggunakan PC,” tuturnya.

Rapoo sendiri merupakan perusahaan yang sudah malang melintang di bisnis aksesoris PC selama sepuluh tahun di Cina. Periperal yang disediakannya baik berupa mouse, speaker, keyboard, headset, dan sebagainya. Bermula dari perusahaan yang menyediakan periperal OEM, hingga akhirnya pada 2007 perusahaan ini mendirikan pabrik dan mendesain sendiri mesin-mesin yang mereka gunakan di pabriknya itu. Dengan demikian, mesin-mesin tersebut memang khusus dibuat untuk merakit produk-produk Rapoo dengan presisi, jelas Harry. Mekanisasi di pabrikan Rapoo ini menurut Harry berhasil mengefisiensikan pegawai di perusahaan itu hingga 25%.

Di Indonesia, Rapoo tidak menyediakan layanan service center. Sebagai gantinya, Rapoo menjanjikan garansi penggantian barang untuk setiap barang yang rusak. Penggantian bahkan bisa dilakukan di level dealer. Barang yang rusak cukup ditukar ke dealer, dan dealer tinggal menukarkannya ke kantor pusat Rapoo, jelas Harry.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^