Usung 42 Merek, Taiwan Excellence 2013 Gelar Pameran di 3 Kota

Taiwan Excellence Kick-Off 2013 (3)JAKARTA, SENIN – Kampanye Taiwan Excellence kembali digelar di Indonesia. Yang ini adalah tahun keempat. Setiap tahun jumlah merek produk made in Taiwan yang diperkenalkan pemerintah Taiwan melalui TAITRA (Taiwan External Trade Development Council) ke Indonesia terus bertambah.

Tahun ini, ada 42 merek yang diusung, meningkat dari tahun 2012.  Tahun 2012, kata Walter Yeh (Executive Vice President, TAITRA) pada jumpa pers di Jakarta pekan lalu (13/6/2013), ada 38 merek yang berpartisipasi.  Sementara tahun 2012, 30 merek dan tahun pertama (2010) 19 merek.

Tak hanya jumlah merek yang bertambah, tetapi juga kategorinya. Pada dua tahun awal penyelenggaraan, tahun 2011 dan 2010, hanya produk ICT yang menjadi fokus Taiwan di Indonesia. Tahun lalu, 2012, produk rumah tangga dan kesehatan , serta transportasi dan rekreasi mulai disertakan.

“Tahun ini ada tambahan, yakni mesin (machinery). Khusus untuk machinery tools,“ kata Tony Lin (Direktur TAITRA, Jakarta).  “Ada 20 merek yang dibawa masuk sejak Mei. Jadi total sebenarnya ada 62 merek (yang diusung Taiwan Excellence 2013). Cuma machinery tidak untuk konsumer, tapi B2B,” terang Yeh.  Merek machinery buatan Taiwan yang diperkenalkan itu terdiri dari Aurotek, Auto Well, CGM, Chin Fong, Chmer, Chumpower, FCS, Feeler, Hwin, HT, Kent, Lin Sang, Mars, ProArc, Rich Sou, Seyi, Sun Lung, Shintek, Tongtai, Wele, Wexten dan YCM.

Untuk merek produk ICT, tahun ini tercantum Acer, AData, Apacer, BenQ, Cooler Master, D-Link, Edimax, Genius, Gigabyte, In Win, Just Mobile, MSI, PX, Silicon Power, Thermaltake, dan Transcend. Merek baru di sini adalah BXB, yang memproduksi dan mengekspor sistem PA (public announcer), sistem konferensi dan sistem penerjemah, dan solusi sekuriti Trend Micro.

Namun merek Asus, Aver, AVerMedia, Avision, Optoma dan PQI tidak lagi terdaftar dalam Taiwan Excellence 2013 Indonesia. Dalam e-mail-nya kepada PCplus, tim TAITRA mengatakan Asus tetap tergabung dalam kampanye Taiwan Excellence, tetapi mereka menyesuaikan dan mengalokasikannya ke negara-negara lain. Taiwan Excellence memang tidak hanya digelar di Indonesia, tapi di banyak negara, seperti Vietnam, India, Cina, Turki, Brazilia, Rusia, Mesir, pun pasar Eropa, AS dan Jepang.

“Sebenarnya ASUS Indonesia tetap bergabung dengan campaign yang digelar TAITRA, Taiwan Excellence 2013 tersebut. Namun berhubung ada perubahan PIC di internal ASUS Indonesia, jadi kerjasama ini agak tertunda. Kita sedang koordinasi kembali dengan pihak TAITRA terkait kerjasama ini,” jelas Muhammad Firman (Technical Public Relation, Asus Indonesia) dalam e-mail-nya kepada PCplus.

Sementara untuk merek-merek lain, begitu tulis tim TAITRA, beberapa telah makin memahami pasar pasar Indonesia melalui Taiwan Excellence, dan membuat promosi sendiri.

O ya, untuk kategori transportation dan leisure tahun ini hadir 6 merek baru, yakni saksofon Lien Cheng, sepeda lipat dan suku cadang sepeda Tern – BioLogic, sistem pemantau nirkabel tekanan ban Orange Electronic,  dumbell kinektik Ucheer, ban mobil Kenda, dan sepeda lipat tiga tabung Stridastrida

Sementara di produk home & living, bergabung 11 merek baru, antara lain AC Teco, water ionizer Chanson, pemanas air listrik Super Guider, produk bantalan pemanas/pendingin Thermedic, kursi roda Karma,  plester jerawat Miacare, dan stapler KWtriO. thermedic

Daniel Hong (Marketing Manager, Teco Electro Indonesia) menceritakan, perusahaannya berawal dari perusahaan motor industri pada tahun 1956, yang kemudian berkembang ke produk-produk consumer appliance seperti AC, kulkas, dan mesin cuci. Tahun 1992, Teco sudah menjadi produsen AC terbesar di Taiwan.

Di Indonesia, tutur Daniel, Teco memiliki pabrik berkapasitas 100 ribu per bulan. Selain itu ada tiga pabrik lain di Cina dan Vietnam. Khusus untuk konsumen Indonesia yang tegangannya listriknya rendah dan dayanya terbatas, Teco mengembangkan AC low wattage dalam tiga pilihan: 1/2PK (320W), 3/4PK (500W) dan 1PK (700W). “Bisa pasang dua AC di rumah yang berdaya listrik 900W,” kata Daniel Hong.

Selain AC yang rendah daya, Teco menawarkan ionizer AC yang mampu mendinginkan dan memurnikan udara dalam ruang, dan DC Inverter yang mampu menghemat energi sampai 40%. Untuk semua produknya, Teco menawarkan garansi tiga tahun untuk kompresor, dua tahun untuk layanan, dan satu tahun untuk suku cadang.

“Kampanye Taiwan Excellence akan membawa semakin banyak merek ke Indonesia. Kesadaran (konsumen Indonesia akan produk Taiwan) meningkat setiap tahun,”  kata Yeh.

Nah, jika kamu mau tahu apa saja merek-merek produk Taiwan yang diusung di Indonesia dan mungkin menjajalnya, silakan kunjungi pameran “Zona promosi dan pengalaman produk Taiwan Excellence. Pameran ini akan digelar selama tiga hari di mal Summarecon Serpong (14 – 16 Juni) dan mal Central Park Jakarta (20 – 22 September). Kalau kamu berdomisili di Bali, bertandanglah ke Discovery Mall (30 Agustus – 1 September). Sementara arek Surabaya bisa mendatangi Grand City Mall (4 – 6 Oktober).

Andai belum puas, atau mau membeli langsung produk Taiwan, kamu bisa mampir ke Mangga Dua Mall, mal Ambasador, atau Kuningan City  (Juli) di area Zona Pameran dan Penjualan Produk Taiwan Excellence. Ajang pameran dan penjualan ini terbuka selama enam bulan. “Kami juga berpartisipasi di pameran IndoComtech Jakarta (30 Oktober – 3 November),” tambah Yeh.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: