Enam Tahun di Indonesia, DOKU Mulai Sasar Sektor Konsumen

dufanldokuJAKARTA, SENIN – Kamu yang pernah bertransaksi online di tanah air, misalnya pesan tiket pesawat Garuda Indonesia, mungkin pernah melakukan pembayaran via DOKU. DOKU (sebelumnya bernama NSIAPAY) adalah penyedia pembayaran online lokal yang  hadir sejak tahun 2007 dan memiliki sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standards) Level 1.

Ada lebih dari 400 merchant premium yang sudah dilayani DOKU saat ini, antara lain Bayu Buana travel, the Harvest dan belibarang.com.  Jumlah transaksi yang sudah dibukukan DOKU selama ini mencapai  11 Triliun.  Angka ini, begitu menurut rilis DOKU, cukup tinggi karena mayoritas transaksi berasal dari industri travel (maskapai penerbangan, hotel dan operator tur). Setiap tahun, jumlah transaksi merchant yang diproses DOKU, tulis DOKU, tumbuh nyaris 100%.

Nah di ulang tahunnya yang ke-6, DOKU ingin melebarkan bisnisnya. Ia tidak hanya ingin bermain di pasar korporasi, tapi juga segmen konsumen. Maka April lalu, kerjasama dengan BNI digalang untuk meluncurkan DOKU Wallet, sebuah dompet virtual untuk membayar transaksi online yang terbuka bagi nasabah maupun non nasabah BNI.

Kalau mau pesan dan beli tiket pesawat Merpati, kamu sekarang juga dapat melakukannya di ATM Bank Permata. Pakai akun virtual ATM Bank Permata atau jaringan ATM bersama, Prima/Rintis atau Alto. Prosesnya real-time.

Mau rekreasi keluarga ke Dufan di musim liburan ini? Nah kamu tak perlu repot antri beli tiket untuk masuk Dufan. Bayar saja secara online. Sebab awal Juni ini, DOKU sudah menjadi  penyedia payment gateway PT Pembangunan Jaya Ancol untuk pembelian tiket online Dufan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer