Eh, Banyak Perusahaan tak Tahu Ada Software Berbahaya

malware-2JAKARTA, SENIN – Virus, malware, software jahat/berbahaya tak pernah berhenti muncul setiap harinya. Menurut Kaspersky Lab, di dunia ini setiap hari muncul sekitar 200 ribu sampel malware baru. Banyak ya?

Namun hanya 6% perusahaan di dunia yang tahu pasti jumlah program berbahaya yang muncul setiap harinya itu. Sejumlah 90% responden menyebut angka kurang dari 200 ribu, dan 4% sisanya menyebut angka di atas 200 ribu saat ditanya tentang jumlah malware tersebut.

Dari sisi kawasan, perusahaan dari Timur Tengah adalah yang paling sadar akan malware. Sejumlah 24% rsponden di sana menyebutkan jumlah malware per hari dengan benar. Sebaliknya, Rusia adalah yang paling tak sadar akan jumlah malware (4%). Responden dari wilayah-wilayah lain – Amerika Utara dan Selatan, Eropa Barat dan Asia Pasifik –  menyebut jumlah malware per hari dengan benar dengan kisaran ketepatan 5% – 7%.

Uniknya, sekitar 66% perusahaan ternyata pernah mengalami serangan malware setidaknya satu kali dalam setahun terakhir. Yang paling sering menjadi sasaran serangan malware adalah perusahaan yang berlokasi di Amerika Selatan (72%), Rusia (71%), Amerika Utara (70%), Asia Pasifik (668%), dan Eropa Barat (63%).

Begitu hasil surveiGlobal Corporate IT Security Risks 2013 yang dilakukan oleh lembaga penelitian B2B International dan Kaspersky Lab perioda Maret – Juni tahun ini. Berita baiknya,  kemampuan perusahaan untuk mengetahui dengan tepat jumlah malware per hari bukanlah indikator kesiapan mereka dalam menghadapi serangan cyber. Cuma kalau tahu, mereka pasti bisa lebih siap dalam melindungi infrastruktur TI-nya. Salah satu proteksi adalah memasang produk Kaspersky Endpoint Security for Business.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer