Google Map Kini Bisa Bernavigasi di Indonesia

Tampilan navigasi Google Map yang aktif di Jakarta (PCplus)
Tampilan navigasi Google Map yang aktif di Jakarta (PCplus)

JAKARTA, JUMAT – Bingung dengan wilayah asing, atau kamu mau cari jalur terbaik untuk menuju ke rumah teman? Pakai saja fitur navigasi dari Google Map. Tinggal tentukan lokasi yang mau kamu tuju lalu tap “Navigation”, selanjutnya serahkan pada Google.

Fitur Navigation di perangkat Android versi 2.2 memang sudah lama tersedia, hanya saja Indonesia baru dimasukkan ke salah satu negara dengan navigasi yang bisa aktif pada Kamis (10/7) kemarin. Sebelumnya, para pengguna Android di Indonesia cuma bisa melihat petunjuk rute tanpa panduan realtime per belokan dan panduan suara. Beberapa pengguna bahkan sampai melakukan modifikasi kode agar navigasi Android di Indonesia bisa aktif.

FItur navigasi milik Google ini memang cukup hebat, utamanya kalau dipakai untuk menunjukkan arah di kota besar dengan lalu-lintas padat seperti Jakarta. Dengan dipadu fitur Traffic yang sudah lebih dulu ada untuk kota Jakarta dan sekitarnya¬†serta Bandung, Google Navigation mampu memberikan jalur tercepat untuk menghindari kemacetan. “Misalnya jika jalan pulangnya tiba-tiba macet, Google Maps akan menawarkan rute alternative. Anda tinggal tekan “Reroute” dan arahnya akan berubah,” jelas Visnu K. Mahmud, Head of Communication Google Indonesia, dalam rilisnya.

Untuk menggunakan fitur baru Google ini, Vishnu juga menyebut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pengguna Android. Jika menggunakan Android 4.0.3+ maka gunakan Google Maps untuk Android versi 7.0 ke atas. Sementara pengguna Android 2.1+ harus menggunakan Google Maps untuk Android versi 6.14.4 ke bawah.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.