Hard Disk Tertipis WD Pakai Konektor Baru

wd blue 5mmJAKARTA, SENIN –  Ultrabook dan ultrakompak makin banyak beredar. Biasanya sebagai storage dibenamkan SSD. Namun harga SSD masih mahal (dan kapasitasnya terbatas) sehingga mendongkrak harga ultrabook dan sistem ultrakompak.

Kondisi tersebut dijadikan peluang oleh  WD (Western Digital). Produsen storage ini sibuk menipiskan fisik hard disk 2,5”-nya. Kalau dulu untuk notebook dihadirkan hard disk dengan ketebalan 9,5mm, sekarang ditawarkanlah WD Blue yang tebalnya hanya 5mm untuk ultrabook dan ultrakompak. WD Blue 5mm yang mendukung SATA Rev 3.0 (6Gb/s) ini 2mm pun lebih tipis dibandingkan WD Blue 7mm yang juga ditujukan pada ultrabook dan ultrakompak.

“Tertipis di ukuran 2,5”, hanya 5mm. Ringan, tidak bising dan solid,” kata Harianto Karim (Sales Manager Indonesia, Western Digital (S.E. Asia) Pte Ltd pada small group media briefing di Jakarta akhir pekan lalu (26/7/2013).

Jika dibandingkan seri sebelumnya yang berketebalan 9,5mm, hard disk WD berkapasitas 500GB ini lebih  tipis 47 persen. Jika dibandingkan yang berfisik 7mm, ia lebih tipis 29%. “36% lebih enteng dibandingkan yang 9,5mm, dan 25% lebih enteng daripada yang 7mm. Tetapi tetap solid seperti seri-seri sebelumnya dengan fitur yang sama, tidak ada yang dikurangi,” tegas Harianto.

Di dalam hard disk 5mm-nya, WD menggunakan dual state actuator yang pergerakannya lebih pendek dibandingkan pada sistem sebelumnya. Penerapan teknologi Stable Trac yang mengunci kedua ujung poros motor disebutkan Harianto membuat produk WD ini bekerja lebih stabil dan 10% lebih tenang dibandingkan produk kompetitor.

WD5000MPCKO ya, hard disk WD Blue 5mm ini agak beda dengan versi sebelumnya. Ia menggunakan konektor tipe baru, yakni SATA SFF-8784. Berputar pada 5400rpm, WD Blue 5mm  ditujukan pada OEM (original equipment manufacturer) dengan kapasitas 500GB dan harga kisaran US$ 115.  Versi 1TB-nya akan menyusul, menunggu respon pasar.

Selain WD, produsen Seagate juga punya tawaran serupa, yakni hard disk 2,5” berkapasitas 500GB dengan ketinggian 5mm. Produk Seagate dengan memori cache 16MB ini berputar pada 5400rpm dengan konektor full-size SATA 6Gb/s

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: