Membuat Toko Android, Ternyata Ada Syaratnya Loh

Interior toko berhiaskan robot-robot Android ala Androidify ini
Interior toko berhiaskan robot-robot Android ala Androidify ini

Tangerang – Terkait konsep toko AndroidLand yang persiapannya memakan waktu setahun ini dijelaskan Budi Tjandra, Senior Retail Manager Trikomsel Oke karena desain toko ini harus melalui persetujuan pihak Google. Eh, ternyata memang ada beberapa persyaratan loh yang harus dipenuhi untuk membuat toko Android yang satu ini. Serupa dengan Apple Store yang juga punya desain khusus terkait Apple Store-nya.

Budi kemudian menjelaskan berdasarkan ketentuan Google, terdapat beberapa konsep yang di-“wajibkan” Google.Seperti interior toko yang harus bernuansa hijau-putih. Toko pun harus menyertakan tokoh-tokoh Android yang bisa kamu temukan lewat aplikasi Androidify. Bukan cuma itu, toko juga diwajibkan memajang robot Android 3D yang dipasang disamping pintu masuk toko.

Bermacam kartu aplikasi yang disediakan di Google Play Bar AndroidLand
Bermacam kartu aplikasi yang disediakan di Google Play Bar AndroidLand

Desain interior toko juga dirancang berlekuk. Di dalam toko mesti juga disediakan Google Play Bar. Di AndroidLand, Google Play Bar ini bisa kamu temukan di area tengah toko berupa kartu-kartu lucu yang terbagi dalam 10 kategori, seperti olahraga, sosial, dan sebagainya. Dibalik kartu terdapat QR code yang bisa kamu scan dan unduh langsung aplikasinya. Selain itu, toko juga mesti menyertakan kartu instruksi yang menjelaskan cara mengunduh aplikasi di Play Store.

Google juga mengharuskan beberapa monitor terpasang di dalam toko. Layar-layar ini akan memutar tontonan yang memperkenalkan soal Android, cara mengunduh aplikasi, serta contoh aplikasi game yang ada di Play Store, jelas Budi. Toko Android lisensi Google ini juga mengharuskan stafnya untuk fasih menerangkan tentang Android. Sehingga, staf AndroidLand pun serta merta mendapat pelatihan langsung dari Google, sehingga mereka tak gagap saat menjelaskan kepada pelanggan terkait perangkat Android dan spesifikasinya.

Kostumisasi ponsel kamu dengan berbagai skin yang kamu suka secara gratis di AndroidLand
Kostumisasi ponsel kamu dengan berbagai skin yang kamu suka secara gratis di AndroidLand

Oiya, AndroidLand juga menyertakan layanan untuk mengganti skin ponsel yang kamu beli di tempat ini secara gratis loh. Semisal kamu mau membuat foto kesayangan untuk skin ponsel atau dari berbagai template skin yang disediakan di AndroidLand. Sayangnya, kamu tidak bisa langsung mendapatkan skin ini. Tapi kamu harus menunggu dua sampai tiga hari sampai skin selesai dicetak. Nantinya skin ini akan dikirimkan langsung ke alamatmu, seperti dijelaskan Budi.

AndroidLand juga menyediakan KidsZone dimana terdapat tempat duduk dan dua tablet yang memang sengaja disediakan agar adik-adik kita bisa bermain dengan bebas disana sementara orangtuanya menjelajah isi toko. Global juga merancang sudut jelajah tablet miliknya setara dengan dada orang dewasa. “Biasanya orang berlama-lama saat mengeksplorasi tablet. Kalau ditaruh dibawah, biasanya mereka cepat pegal. Kalau ditaruh seperti ini pengunjung bisa lebih nyaman,” jelas Budi. Nah, sebelum dibangun, semua konsep dan rancangan toko ini harus dikirimkan dan disetujui oleh Google terlebih dulu. Wah, cukup detail juga ya konsep toko ala Google ini.

 

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^