Yayasan Batik Indonesia Dapat Donasi Rp 200 jutaan dari Indosat

indosat batik
Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat (2 dari kanan) bersama Jultin Ginanjar Kartasasmita, Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia (paling kiri), Gunarijah Kartasasmita, Ketua Panitia Gelar Batik Nusantara 2013 (2 dari kiri) dan Titiek Djoko Sumaryono, Ketua Bidang Humas dan Promosi Yayasan Batik Indonesia (paling kanan) saat acara Press Conference Donasi Batik Indosat di Jakarta (17/7/2013).

JAKARTA, KAMIS – Batik adalah warisan budaya bangsa Indonesia. Namun dulu orang acap malu mengenakan busana batik. Maklum coraknya kurang menarik. Model bajunya pun begitu-begitu saja. Maka batik hanya dikenakan saat ada undangan pesta pernikahan, atau menjadi seragam anak sekolah.

Lalu negara tetangga kita mencoba mengklaim batik sebagai miliknya. Maka gemparlah Indonesia.  Kabar baiknya, batik kini disayang-sayang dan menjadi populer. Motifnya berkembang pesat dan mengikuti perkembangan mode. Alhasil citra batik naik. Batik pun menjadi busana  kasual, dipakai sehari-hari.

Kepedulian akan pelestarian dan pengembangan batik Indonesia juga disuarakan oleh Indosat, operator telekomunikasi yang memiliki 55,9 juta pelanggan. Pada acara pembukaan Gelar Batik Nusantara 2013 di Jakarta, Indosat melalui Menteri Perindustrian MS Hidayat menyerahkan secara simbolis Rp 263.410.650 kepada lima pengrajin batik yang telah mendedikasikan dirinya untuk pelestarian dan pengembangan batik Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Uang itu berasal dari donasi Indosat atas setiap isi ulang yang dilakukan pelanggannya pada Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober lalu.  Untuk setiap pelanggan yang mengisi ulang Rp 50 ribu, Indosat menyisihkan Rp 50.  Seluruh dana yang terkumpul itu akan disumbangkan ke Yayasan Batik Indonesia untuk mendukung berbagai kegiatan dalam rangka melestarikan dan mengembangkan batik di Indonesia.

“Indosat sangat bangga dapat menjadi bagian dari pelestarian dan pengembangan batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya bangsa. Hal ini sekaligus menjadi wujud dari salah satu cara Indosat mengekspresikan rasa nasionalisme kami terhadap negeri”, kata Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer