Sunday, April 14, 2024
Berita Teknologi

Ini Operator 5G Terbaik Menurut OpenSignal

Jakarta, PCplus – Peta jaringan telekomunikasi di Indonesia telah mengalami perubahan signifikan. Dalam analisis terbaru Opensignal, pengalaman jaringan seluler di Indonesia terus meningkat. Jika dibandingkan dengan laporan sebelumnya, para pengguna lima operator mendapat kecepatan unduh dan unggah rata-rata yang lebih cepat. Opensignal pun mencoba merangkum operator 5G terbaik versinya.

Baca juga: Merger, Kecepatan Download Tri dan Indosat Naik

Selama periode 90 hari yang dimulai dari 1 Februari 2023, Opensignal telah menganalisis pengalaman jaringan seluler keseluruhan lima operator — 3 (Tri), Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL — di Indonesia dengan menggunakan pengukuran 5G. Selain menyajikan analisis secara nasional, dalam laporan ini juga terdapat rincian pengalaman jaringan seluler para pengguna di 10 daerah utama di Indonesia.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai analisis Opensignal, kamu bisa langsung mengunjungi tautan berikut: https://www.opensignal.com/in/reports/2023/06/indonesia/mobile-network-experience  

Berikut beberapa poin temuan utama yang terdapat dalam artikel tersebut:

Para pengguna Telkomsel mendapat Pengalaman Video terbaik di Indonesia.

Telkomsel menjadi pemenang mutlak dari penghargaan Pengalaman Video dengan skor 60,4 poin (pada skala 100) dan memimpin 2,6 poin atas Tri. Perlu diperhatikan, Telkomsel adalah satu-satunya operator Indonesia yang meraih peringkat Baik (58-68) untuk Pengalaman Video. Rata-rata para pengguna Telkomsel mampu menyaksikan video dengan resolusi 720p atau lebih baik. Tri, Indosat, dan XL berada pada kategori posisi lebih rendah — Cukup (58-68). Sementara Smartfren berada di belakang dengan skor 46,4 poin pada kategori Pengalaman Video Buruk (di bawah 48).

Para pengguna Telkomsel menikmati pengalaman seluler tercepat di Indonesia.

Sejak laporan terakhir dirilis, para pengguna Telkomsel tercatat mengalami peningkatan terbesar mencapai 4,5Mps (25,2%). Kali ini Telkomsel mendapat penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan dengan kecepatan keseluruhan rata-rata 22Mbps. Selain itu, Telkomsel masih tetap menjadi pemenang penghargaan Pengalaman Kecepatan Unggah. Dengan catatan waktu unggahan tercepat oleh para pengguna rata-rata mencapai 9,5Mbps — naik dari 8,2Mbps.

Para pengguna XL menikmati pengalaman bermain game multiplayer terbaik.

XL kembali memenangkan persaingan dalam hal kualitas pengalaman bermain game multiplayer seluler di Indonesia. XL meraih penghargaan Pengalaman Game dari Opensignal dengan skor 73,1 poin. Unggul 2,5 poin dari Tri yang berada di posisi kedua (dalam skala 100 poin). Pengalaman Game di Indonesia di antara kelima operator mendapat nilai Cukup (65-75).

Para pengguna Tri mengalami peningkatan yang signifikan dalam kecepatan seluler setelah penggabungan IOH.

Sejak laporan terakhir Opensignal pada Desember 2022, para pengguna Tri telah mengalami peningkatan paling signifikan pada kedua kategori. Kecepatan unduh rata-rata meningkat sebesar 30,8%, dari 11,7Mbps menjadi 15,3Mbps. Pengguna Tri juga mengalami kemajuan yang baik dalam kecepatan unggah rata-rata yang melonjak sebesar 31,1%, dari 6,5Mbps menjadi 8,5Mbps. Berdasarkan analisis terbaru Opensignal, peningkatan ini dapat dikaitkan dengan penggabungan IOH.

Indosat memberikan pengalaman yang paling konsisten.

Indosat meraih penghargaan Kualitas Konsisten, dengan skor 61,5%. Hal ini menunjukkan bahwa para pengguna Indosat mendapat proporsi terbesar tes yang memenuhi batas minimum untuk mendukung berbagai kebutuhan penggunaan aplikasi seluler, seperti panggilan video atau mengunggah gambar ke media sosial.

Tri meraih penghargaan Pengalaman App Suara dengan selisih tipis.

Tri berada di posisi teratas di Indonesia untuk kualitas pengalaman saat menggunakan layanan app suara (OTT) seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger. Namun, Opensignal melihat persaingan yang ketat dalam penilaian ini, dengan hanya 1,5 poin yang membedakan seluruh operator. Dan dengan skor-skor tersebut, kelima operator menempati kategori Cukup Memuaskan (74-80) untuk Pengalaman App Suara.

Demikian rangkuman Operator 5G Terbaik dari Opensignal. Apakah kamu merasakan pengalaman yang sama?

Komentar kamu