Ada Toko Stiker dan LBS di Versi Baru WeChat

wechat Sticker ShopJAKARTA, JUMAT –   WeChat 5.0 untuk iOS sudah hadir. Mobile messenger yang punya lebih dari 70 juta pelanggan di seluruh dunia ini kini punya toko stiker. Pembayarannya online, jadi kamu yang mau mengunduh stiker tidak repot saat membayar.

wechat Hold Together (1)Fitur baru lainnya adalah layanan berbasis lokasi (LBS – location based service) yang disebut Hold Together. Jadi kamu bisa menemukan dan menghubungkan teman-teman dalam jarak yang berdekatan satu sama lain. Seperti penggunaan fitur “Shake” dan “People Nearby” (sebelumnya disebut “Look Around”), kamu dapat terkoneksi dengan teman hanya dengan melalui sentuhan sederhana pada layar.

Apa lagi yang baru? Fungsi grup. Ini tidak baru tapi disempurnakan. Ada shortcut to add friends,  jadi sekarang kamu lebih mudah menambahkan teman. Kamu dapat lebih cepat berkomunikasi dengan memasukkan teman-temanmu ke group chat.

Di versi baru ini, kalau sudah menautkan akun Facebook ke akun pribadi WeChat kamu juga bisa lebih mudah berbagi halaman web ke Facebook. Kamu boleh mengubah tampilan antarmuka “Official Account” untuk mengurangi ketidaknyaman pada tampilan layar chat. Mau simpan teks dan pesan suara dan foto di Favorite Messages pun bisa.

Kalau begitu, bagaimana tingkat keamanannya? Jangan kuatir. Kamu bisa mengatur tingkat keamanan: membatasi siapa saja yang dapat berkomunikasi, mengontrol siapa yang melihat akun dan mengelola bagaimana mereka dapat ditemukan.

“WeChat menawarkan berbagai fitur keamanan termasuk mekanisme perlindungan seperti otentifikasi dua cara untuk memulai chat, kemampuan untuk menyembunyikan rincian kontak dan membuat ‘Black List’ untuk memblokir pengguna lain dan memungkinkan pengguna untuk mematikan fitur LBS. Jadi pengguna hanya bisa terkoneksi dengan orang yang mereka kenal,” jelas Poshu Yeung (Vice President International Business Group di Tencent, perusahaan pembuat aplikasi WeChat) dalam rilis persnya.

Eh omong-omong tawaran WeChat 5.0 itu hanya untuk iOS ya! Versi Android-nya dijanjikan akan menyusul.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: