Akhirnya, Lenovo Berhasil Pimpin Pasar PC Global

lenovo rajesh
ki-ka: Rajesh Thadani (General Country Manager) dan Sandy Lumy (Chief Operating Officer) memaparkan pencapaian Lenovo secara global dalam acara buka puasa di Jakarta.

JAKARTA, JUMAT – Berbekal strategi Protect & Attack, akhirnya berhasil juga Lenovo menjadi pemimpin pasar PC global. Keberhasilan ini diumumkan Rajesh Thadani (Country General Manager, PT Lenovo Indonesia) dalam acara buka puasa di Jakarta akhir Juli lalu (31/7/2013).

Rajesh mengutipkan data lembaga riset IDC dan Gartner yang sepakat menobatkan Lenovo sebagai pemimpin pasar PC global di kuartal kedua tahun ini. “Menurut laporan IDC, pasar PC global Lenovo pada kuartal kedua tahun ini 16,7%, atau naik 15% dibandingkan kuartal sama tahun 2012. Gartner juga menyebutkan angka pasar 16,7% untuk kuartal ini, naik dari 14,9% kuartal sebelumnya dan sama dengan kuartal kedua tahun 2012. Untuk pertama kalinya Lenovo menjadi pemimpin global di pasar PC,” kata Thadani yang hari itu khusus mengenakan pakaian adat negaranya.

Pencapaian pangsa pasar Lenovo kuartal kedua tahun ini, jelas Thadani, mengungguli para saingannya. HP, menurut catatan IDC, berdasarkan jumlah pengiriman PC ke seluruh dunia,  menjadi saingan terdekat Lenovo dengan perolehan pangsa 16,1%. Sementara Dell duduk di peringkat ketiga dengan pangsa pasar 12%. Berikutnya adalah Acer (8%) dan Asus (6%).

“Kami juga mau menjadi nomor satu di arena PC Plus,” tambah Thadani.

Lalu bagaimana kondisi di tanah air? Indonesia, tandas Thadani, merupakan negara super penting bagi Lenovo. “Pangsa pasar kami untuk pertama kalinya tumbuh dua digit. Pasar PC masih sangat besar,” kata Thadani.  Untuk kuartal pertama, Lenovo mencatatkan pangsa pasar 10,5% di Indonesia.

“Penetrasi komputer (di Indonesia) masih sangat rendah jika dibandingkan jumlah penduduk. Kurang dari 5%, sehingga pasar masih sangat potensial,” tambah Sandy Lumy (Chief Operating Officer, PT Lenovo Indonesia).

Untuk Indonesia, Lenovo memiliki tiga strategi, yakni menciptakan kategori baru melalui inovasi, mendorong pertumbuhan yang cepat di arena PC Plus, dan berinovasi di PC untuk mendorong bisnis inti dan keuntungan. Selain segmen enterprise, Lenovo juga berfokus di segmen consumer, UKM, sampai PC Plus (smartphone dan tablet).

Ultrabook Lenovo Yoga yang layarnya bisa diputar sampai 360 derajat merupakan salah satu produk yang ditujukan ke consumer. Untuk enterprise, antara lain dihadirkan notebook dengan bahan serat karbon yang kuat, yakni ThinkPad X1 Carbon Touch, dan tablet merangkap notebook ThinkPad Helix. Sedangkan untuk UKM ada antara lain ultrabook ThinkPad Twist dengan layar 12,5” yang bisa diputar menjadi convertible. Sementara untuk smartphone, tawaran terbarunya adalah K900, smartphone dengan prosesor Intel Atom dual-core Z2580 2GHz.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer