Intel Haswell: Hadirkan AVX 2 dan Gandakan Floating Point

[section_title title=Intel Hadirkan Haswell]

 

IntelHaswellKecil
(foto: Alphons Mardjono)

Untuk pengembangan prosesornya, Intel sudah sejak beberapa lama mengadopsi strategi Tick-Tock. Tick melambangkan proses produksi yang lebih kecil alias maju (misalnya dari 32nm ke 22nm), sementara Tock melambangkan arsitektur baru (misalnya dari Intel Core 2 Quad ke Intel Core i7-9xx). Belum lama ini, Intel telah meluncurkan prosesor terbarunya yang dikenal dengan codename Haswell. Intel Haswell ini merupakan Tock dan ditujukan untuk menggantikan generasi sebelumnya yang merupakan Tick, Intel Ivy Bridge. Berhubung Tock, ia tetap memakai proses produksi 22nm 3-D Tri-Gate transistor, sama dengan prosesor Intel Ivy Bridge.

Saat IDF (Intel Developer Forum) 2012 San Francisco lalu, Intel mengatakan bahwa prosesor Core generasi berikutnya (Haswell) bisa memberikan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan prosesor Core generasi ketiga (Ivy Bridge) yang menjadi andalannya saat itu pada konsumsi daya yang sama. Prosesor Intel Core generasi keempat ini pun bisa diatur untuk memberikan kinerja yang sama dengan Prosesor Intel Core generasi ketiga pada konsumsi daya yang lebih rendah. Prosesor Intel Core generasi keempat tersebut memang ditujukan untuk berbagai perangkat, mulai dari server sampai handheld.

Arsitektur Baru

Menurut Robert Chappell (CPU Architect, Intel), Bret Toll (CPU Architect, Intel) dan Ronak Singhal (Sr. Principal Engineer, Intel), arsiktektur core dari Intel Haswell secara high level ditampilkan seperti pada Gambar 2. Lebih lanjut mereka menyebutkan bahwa Intel Haswell memiliki branch prediction yang lebih baik, front-end yang lebih bagus, out-of-order buffer yang lebih dalam, execution unit yang lebih banyak, load/store bandwidth yang lebih lebar, dan tanpa adanya penambahan panjang pipeline.

Gambar2Kecil
Gambar 2 (dok: Intel)

Tidak hanya itu, Intel pada Haswell juga menambahkan dukungan FMA (Fused Multiply-Add) pada kedua execution unit yang mengurus Floating Point Multiply maupun Floating Point Add. Tambahan ini memungkinkan Intel Haswell menggandakan kinerja floating point dibandingkan Intel Ivy Bridge.

Prosesor Intel Core generasi keempat ini pun mendukung sejumlah instruksi baru. Salah satu yang populer adalah AVX (Advanced Vector Extensions) 2. AVX 2 ini melengkapi AVX yang telah ada sebelumnya. Pada AVX, hanya lebar SSE floating point vector instruction yang digandakan menjadi 256bit, sementara lebar SSE integer tetap 128bit. AVX 2 menggandakan lebar SSE integer itu menjadi 256bit. Jadi, dengan AVX 2, semuanya menjadi 256bit. Oh ya, AVX 2 ini turut mencakup instruksi FMA.

Intel HD Graphics 4600

Intel Haswell punya beberapa konfigurasi grafis terintegrasi, mulai dari GT1 (Intel HD Graphics), GT2 (Intel HD Graphics 4200, 4400, dan 4600), GT3 (15W, Intel HD Graphics 5000), GT3 (28W, Intel Iris Graphics 5100), sampai GT3e (Intel Iris Pro Graphics 5200). Perbedaan utama antara GT1, GT2, dan GT3 terletak pada jumlah execution unit-nya: 6, 20, 40. Khusus GT3e menambahkan embedded DRAM.

Untuk varian desktop dari Intel Haswell yang menggunakan LGA, sampai saat dibuatnya tulisan ini hanya menggunakan GT2, tepatnya Intel HD Graphics 4600. Yang GT3e memang tersedia, namun bagi yang memanfaatkan BGA alias buat disolder langsung pada motherboard saja. Adapun varian mobile dari Intel Haswell, sudah menggunakan dari GT2 sampai GT3e.

Peningkatan kinerja yang ditawarkan terhadap generasi sebelumnya utamanya datang dari penambahan execution unit, khususnya pada GT2 dan GT3. Pada Intel HD Graphics 4000 misalnya, hanya terdapat 16 execution unit, lebih sedikit dari Intel HD Graphics 4600 yang punya 20 execution unit. Grafis terintegrasi Intel Haswell juga sudah mendukung DirectX 11.1 (Intel Ivy Bridge hanya DirectX 11) dan tentunya OpenCL 1.2 serta OpenGL 4.0. Ia pun telah mendukung resolusi 4K UHDTV (Ultra HDTV).

Konsumsi Daya

Seperti telah disebutkan di atas, Intel Haswell ini bisa “disetel” konsumsi dayanya sesuai dengan peruntukkannya. Untuk desktop, varian teratas Intel Haswell memiliki TDP 84W yang berarti lebih tinggi dari TDP varian tertinggi Intel Ivy Bridge yang sebesar 77W. Naiknya TDP ini utamanya disebabkan Intel mengintegrasikan sejumlah voltage regulator yang selama ini berada pada motherboard ke dalam Haswell. Integrasi ini diklaim Intel memungkinkan Haswell untuk lebih agresif dalam memaksimalkan kinerja maupun memaksimalkan konsumsi daya.

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.