Meluncur 18 Oktober, Inilah Beberapa Fitur Windows 8.1

win 8.1 shutdown_shortcutJAKARTA, KAMIS – Windows 8.1 akan diluncurkan sebagai update gratis pada 18 Oktober mendatang. Perlu tidak ya kamu melakukan upgrade?

Hmm, kalau kamu suka Windows 8, jawabannya perlu. Tapi kalau kamu bukan penggemar jalur upgrade Windows, ya sepertinya tidak usah pindah ke 8.1. Yang jelas, kamu bisa kok meng-instal pengganti Start Menu di Windows 8.1 seperti halnya di Windows 8.0.

Di bawah ini adalah beberapa fitur Windows 8.1 yang mungkin bisa membuat kamu jatuh hati.

Start Screen: Jangan mencari Start Menu, yang ada adalah gaya Start Screen yang bagus. Kamu bisa membuat latar belakang yang transparan, memamerkan desktop wallpaper, menamai grup-grup, juga lebih mengendalikan ukuran tile, serta punya lebih banyak fleksibilitas saat memilih skema warna jika kamu memilih vector wallpaper.

Help & Tips: Kalau di Windows 8.0 kamu tidak tahu cara memanfaatkan OS baru itu, kamu akan tetap bingung karena tidak tersedia tutorial. Nah di Windows 8.1 Microsoft menyediakan tutorial video untuk membantu kamu menguasai semua fitur OS-nya, tak terkecuali Start Screen.

Native 3D Printing: Kendati 3D printing belum umum, Microsoft sudah menyertakan lingkungan native 3D printing di dalam Windows 8.1. Mencetak objek 3D sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan mencetak selembar kertas.

Dukungan 4K dan Multi-Monitor: Windows 8 bekerja bagus di displai 4K, tetapi 8.1 memberikan fleksibilitas, tepatnya kemudahan mengakses opsi 200% DPI yang akan membuat font terlihat lebih nyaman di mata pada resolusi yang besar. Untuk displai multi-monitor, kini tersedia seting DPI per-displai, yang berguna untuk mereka yang punya monitor dengan ukuran-ukuran yang berbeda.

SkyDrive: Windows 8 mendukung SkyDrive, tetapi 8.1 membuatnya lebih enak dengan sinkronisasi otomatis dan kemampuan untuk mengunggah foto-fotomu dengan kualitas yang berbeda dengan aslinya. O ya, baru-baru ini Microsoft diharuskan pengadilan untuk mengubah nama SkyDrive (yang hak ciptanya dimiliki BskyB), jadi mungkin namanya kelak berbeda tapi fungsionalitasnya sama.

Selain fitur-fitur di atas, masih ada banyak peningkatan lain di Windows 8.1, misalnya Boot-to-desktop, kemampuan untuk mengklik-kanan ujung kiri-bawah, lalu memilih shut down atau restart langsung dari situ. Silakan tunggu kehadiran Windows 8.1. Jika tak sabar menunggu, jajal saja versi Preview-nya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer