Beli Luma, Instagram Siap Taklukkan Vine

lumaJAKARTA, KAMIS– Apa app yang kamu pakai untuk memfoto dengan perangkat mobile, dan mengubah tampilannya dengan filter-filter, lalu mengunggah dan berbagi hasilnya di Facebook, Twitter, atau Tumblr, Flickr, e-mail dengan teman-temanmu? Instagram?

Bagaimana kalau video-video berdurasi kurang dari 6 detik? Pakai Vine? Ya, sebagian orang menggunakan Vine untuk menangkap dan berbagi video-video pendek yang looping terus-menerus via Twitter dan Facebook.

Di Instagram sebenarnya juga (baru saja) tersedia fitur berbagi video. Bahkan durasinya lebih panjang dibandingkan Vine (15-detik vs. 6-detik). Berbeda dengan di Vine,  klip video di Instagram bisa disunting, misalnya klip terakhir dibuang. Filter pun ada. Pendek kata fitur foto di Instagram juga berlaku untuk video. Plus ada fitur stabilisasi video (video stabilization).

Cuma kelihatannya Instagram belum puas dengan fasilitas videonya. Looping yang ada di Vine misalnya tidak tersedia di Instagram. Fitur meng-embed app di desktop juga absen di Instagram. Mungkin untuk menambah fitur video-nya itulah, Instagram baru saja membeli Luma, app HD video sharing yang sebelumnya dikenal sebagai Midnox. Selain video sharing, Luma punya fasilitas stabilisasi video.

Teknologi Luma kemungkinan akan dimanfaatkan Instagram untuk membuat video-video yang muncul dalam user stream tampil lebih baik. Perangkat editing itu diperkirakan akan segera hadir.

Saat ini app iOS Luma sudah ditarik dari App Store, dan pada 1 Januari 2014 nanti para penggunanya akan tidak lagi bisa mengaksesnya. Luma sendiri akan ditutup dalam waktu dekat, dan para karyawannya bergabung ke Instagram.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer