Thursday, April 18, 2024
Berita Teknologi

Sony Xperia Z Ultra, Kian Tangguh

Sony Xperia Z Ultra bawa spesifikasi lebih dari pendahulunya
Sony Xperia Z Ultra bawa spesifikasi lebih dari pendahulunya

Jakarta – Sony Mobile kembali memperkenalkan ponsel tahan air terbarunya, Sony Xperia Z Ultra. Ultra karena ponsel ini dirancang dengan segala kelebihan dari pendahulunya, Xperia Z. Lebih tipis dari pendahulunya, layar lebih lega dengan 6,44 cm, sementara Xperia Z hanya 5 inci. Ponsel cerdas ini juga mampu menyelam lebih dalam hingga kedalaman 1,5 meter. Sebelumnya, Xperia Z hanya bisa menyelam di kedalaman satu meter saja, selama 30 menit. Ini berkat peningkatan spesifikasi ponsel ini jadi IP55 dan IP58 untuk standarisasi anti debunya.

Dengan ketebalan 6.5 mm, ketika disandingkan membuat Xperia Z jadi tampak bulky. Meski demikian, dengan bobot 212 gram perangkat ini memang sedikit lebih berat dari pendahulunya. Meski berbadan lebar, tapi Anda tak perlu khawatir ketika perlu mengetik dengan sebelah tangan. Sebab, keyboard Sony bisa diubah-sesuaikan agar menyempit di kanan atau kiri layar, sehingga memudahkan pengetikan dengan sebelah tangan.

Teknologi terbaru Sony yang dibenamkan diperangkat ini adalah teknologi layar Triluminos dan mesin pemroses gambarnya, X-Reality. Triluminos merupakan teknologi layar yang sudah dibenamkan dilayar televisinya. Sebelumnya, tampilan warna layar Xperia Z yang menggunakan Bravia Engine 2, tampak seperti tersaput kabut. Triluminos menambahkan jangkauan (range) warna pada layar. Sehingga membuat produksi warna di layar Xperia Z Ultra jadi lebih kaya.  Sementara mesin X-Reality for mobile untuk Xperia Z Ultranya meningkatkan kualitas gambar. Mesin ini memanipulasi produksi piksel agar sehingga membuat gambar lebih tajam. Mesin ini juga mengurangi noise, meningkatkan kontras, dan memerbaiki saturasi warna (link video — Triluminos dan X-Reality Display Sony Xperia Z Ultra)

Layar perangkat ini juga sangat responsif sehingga mempu mengenali tulisan tangan langsung dengan stylus, bahkan alat tulis logam apapun dengan ujung berdiameter lebih dari 1mm. Urusan tulis menulis in ijuga diklaim bisa dilakukan sembari Anda menerima panggilan telepon. Diluar peningkatan performa layarnya, Xperia Z Ultra juga mengemas Qualcomm Snapdragon 800 dengan CPU quad-core 2,2GHz sebagai prosesor perangkat ini. Baterai berkapasitas 3000mAH disematkan sebagai sumber tenaga ponsel ini. Seperti pendahulunya, Xperia Z Ultra masih menggunakan kaca bertekanan tinggi untuk bagian depan dan belakang ponsel. Kamera 8MP-nya juga masih menggunakan Exmor RS yang punya kemampuan mengambil gambar dan video HDR. Tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih,  Xperia Z Ultra akan tersedia di Indonesia pada Q3 dengan harga Rp 7.499.000.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^