Sony dan Panasonic Kembangkan Optical Disc 300GB

discJAKARTA, KAMIS – Kapasitas optical disc bakal melonjak. Akan hadir optical disc dengan kapasitas 300GB sampai 1,5TB. Begitu kesepakatan tentang standar optical disc profesional antara Sony dan Panasonic.

Sony menyebutkan bahwa optical disc tersebut tidaklah melulu untuk film tapi juga dipakai sebagai disc penyimpan data (data archival disc). Sony bahkan memutuskan untuk mempromosikan optical disc terbaru Panasonic yang berkapasitas 100GB dengan menyusunnya dalam kemasan 90-disc dan menggunakannya dalam sebuah sistem dengan kapasitas total 180TB.

Begini kata Sony, “Kedua perusahaan sebelumnya sudah mengembangkan produk-produk berbasis format Blu-ray, dengan memanfaatkan kekuatan optical disc. Namun Sony dan Panasonic menyadari bahwa optical disc perlu mengakomodir volume penyimpanan yang jauh lebih besar nantinya mengingat perkembangan mendatang di pasar arsip, dan menjawab dengan membentuk kesepakatan ini.”

Menurut Sony, bersama Panasonic mereka sedang membahas spesifikasi dan tugas-tugas pengembangan lain seputar optical disc generasi mendatang tersebut. Sony berharap sudah bisa mengembangkan disc 300G pada akhir tahun 2015.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer