Merk Smartphone Hengkang dari Indonesia

Derasnya persaingan smartphone di Indonesia, membuat tidak sedikit pabrikan yang memutuskan untuk hengkang dari Indonesia. Dikutip dari daftar merk smartphone yang hilang dari Indonesia. Berikut ini adalah beberapa dari mereka.

Motorola

Sebagai salah satu pemain lama di industri ponsel, Motorola sempat comeback ke Indonesia pada 2016, namun dua tahun setelahnya, mereka memutuskan menghilang dari Indonesia. Terlebih pasca diakuisisi Lenovo, dimana pabrikan satu ini lebih memilih menggunakan nama Lenovo, makin terdesaklah posisi brand ini dari Indonesia

Sony

Tidak ada seorangpun yang meragukan kualitas Sony Xperia, begitupun dengan aneka smartphone lain besutan Sony lainnya. Sayangnya, dengan gempuran produk smartphone murah asal China, pabrikan Jepang ini tidak mampu bertahan dan harus mengakhiri pamornya di Indonesia.

LG

Produsen yang satu negara dengan Samsung ini bisa dibilang memiliki nasib langit dan bumi. Di saat Samsung merajai pasar smartphone Indonesia, LG justru terpuruk dan tak sekedar hengkang dari Indonesia, 2021 lalu, LG memutuskan menutup lini smartphone mereka dan fokus pada berbagai solusi elektronik lainnya.

Blackberry

Saat pertama kali muncul, blackberry adalah idola di masanya, bersaing dengan android, windows phone dan iphone pun mereka mampu berjaya. Namun itu dulu, pabrikan asal Kanada ini akhirnya harus menelan pil pahit setelah kalah dari dominasi OS android besutan Google. Tak hanya OS nya, perangkatnya pun menghilang dari pasaran.

Tentu masih ada beberapa merk smartphone yang tinggal sejarah di Indonesia, selengkapnya bisa disimak di Dolandigital.id

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: