Bug iOS 7 Bisa Bikin Smartphone Kamu Dibajak

iphone-5SJakarta, PCPlus – Sistem operasi anyar Apple yang baru dirilis ternyata punya masalah serius. Bug di fitur pengunci layar (lockscreen) iOS 7 bisa dengan mudah ditembus dan memberikan akses ke akun penggunanya.

Adalah Jose Rodriguez yang tinggal di Canary Island, Spanyol, yang pertama kali menemukan bug ini. Ia lalu mengunggah temuannya itu ke YouTube untuk menunjukkan bahwa siapa pun bisa menembus pengunci layar iOS 7 tanpa bantuan softare pihak ketiga, caranya pun terbilang sederhana.

Di video berdurasi 4 menit 36 detik itu, Jose menunjukkan teknik yang bisa dilakukan oleh awam sekalipun. Caranya dengan menggeser layar kunci ke atas untuk mengakses Control Center iOS lalu membuka alarm (jam). Dari sini jika tombol Sleep iPhone ditekan akan muncul opsi untuk mematikan perangkat dengan cara melakukan swipe. Nah, penyusup bisa mulai beraksi ketika ia memilih opsi Cancel dan mengeklik ganda tombol Home untuk membuka layar multitasking iOS.

Layar multitaksing ini mengijinkan akses ke kamera dan foto yang disimpan di memori, termasuk membaginya lewat akun pemilik perangkat. Dengan demikian, akun seperti email, Twitter, Facebook atau Flickr yang didaftarkan di perangkat tadi bisa dipakai penyusup untuk disalahgunakan.

Teknik ini dikatakan Jose juga sukses diterapkan di iPad serta beberapa produk Apple lain dengan versi sistem operasi yang sama.

Pria yang pernah bekerja sebagai supir pejabat pemerintahan ini memang memiliki hobi untuk menemukan bug pada fitur pengunci layar iOS. Sebelumnya ia menemukan trik untuk melewatkan lockscreen  iOS 6.1.3 pada bulan Maret, dan bug lain di iOS 7 beta.

Kendati versi beta tersebut sudah diperbaiki, Jose masih mampu menemukan bug satu jam setelah mengunduh iOS versi baru dengan menerapkan teknik yang ia temukan di iOS versi 5 dan 6.

Nah, buat kamu yang tidak mau terkena bug ini bisa menghindarinya dengan cara menonaktifkan Control Center agar tidak muncul di lockscreen.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.