Foto Hemat Tempat

trik1Ukuran file foto semakin besar saja. Ini disebabkan karena semakin tingginya mega pixel yang dimiki kamera. Alhasil, resolusi semakin besar dan ukuran filenya pun semakin membengkak.

Ada trik kecil agar file gambar kamu bisa menciut. Gunakan ACDSee. Untuk itu ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka program ACDSee.
  2. Pilih file foto yang akan kamu ubah ukurannya.
  3. Setelah terbuka, simpanlah file foto/gambar tersebut dalam type file .BMP dengan klik “File > Save as”.
  4. Kemudian akan muncul kotak dialog Save image as, lalu pada bagian Save as type, ganti type-nya menjadi BMP – Windows Bitmap, lalu klik “Save”. Ukuran file foto akan menjadi lebih besar dari ukuran sebelumnya.
  5. Setelah itu simpanlah lagi file foto tersebut dalam type file .JPG dengan klik “File > Save as”.
  6. Kemudian akan muncul kotak dialog Save image as, lalu pada bagian File name, gantilah namanya dengan nama lain, dan pada bagian Save as type, ganti type-nya menjadi JPG – JPEG, lalu klik “Save”. Secara otomatis pula ukuran file foto kamu sekarang akan menjadi lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

Sekarang kamu bisa membuktikan perbedaan ukuran file foto yang dihasilkan, sebelum dan setelah dikompres. Untuk selanjutnya, lakukanlah langkah-langkah seperti di atas untuk file foto lainnya.

Sekadar tambahan trik, kamu bisa mengatur besarnya kompresi sesuai yang kamu harapkan. Untuk itu ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol “Options”.
  2. Pada JPEG Options ini, kamu bisa mengatur besarnya kompresi yang kamu inginkan. Bag gloves are designed for use on a heavy punching bag. Because bags are generally used for training. Sportegan your ultimate guide to choosing the best boxing equipment and Boxing Gear. Luckily for your wallet, boxing is a pretty inexpensive sport to get involved in. Semakin kecil dan bagus mutu kompres maka mutu gambar semakin jelek dan ukuran file semakin kecil. Tetapi bila ingin mutu gambar bagus, maka mutu kompres semakin besar dan ukuran file juga semakin besar. Setelah itu klik “OK”.
  3. Klik “Save” sebagai langkah akhir, dan lihat hasilnya.

 

Steven Andy Pascal