Mengintip Galaxy Gear Smartwatch Milik Samsung

Samsung Galaxy Gear dalam 6 varian warna berbeda. (Dok. A
Samsung Galaxy Gear dalam 6 varian warna berbeda. (AFP/Getty Images)

Jakarta, PCplus – Samsung akhirnya unjuk teknologi di produk jam tangan pintar setelah sebelumnya sempat dibayang-bayangi rekan senegaranya, LG. Meski belum mengetahui seberapa besar minat pasar terhadap produk seperti ini, Samsung optimis teknologi unik yang ada di jam tangan masa depan ini bakal membuat membuat banyak pencinta gadget jatuh hati. Lalu seperti apa sih gacoan baru Samsung ini?

Bentuknya tak jauh berbeda dari jam tangan biasa. Kamu bakal menemukan layar AMOLED 1,63 inci yang bisa merespon sentuhan. Layar sentuh ini disiapkan untuk bisa mengendalikan sistem operasi Android yang ada di perangkat Samsung lain, saat ini baru Galaxy Note 3 dan Note 10.1 yang didukung Galaxy Gear. Galaxy S4 menyusul ketika sudah mendapat update Android 4.3 baru.

Ada beragam aplikasi yang sudah diinstal dari pabriknya dan memiliki beberapa kegunaan seperti untuk kesehatan. Tersedia sekitar 70 aplikasi yang di ada saat peluncuran perdana Gear Smartwatch.

Kalau enggan menyentuh layarnya, kamu bisa saja memerintahkan Galaxy Gear menggunakan suara. Kemampuan kontrol lewat suara yang ada memungkinkan pengguna menjalankan beragam aplikasi atau memerintahkan perangkat Samsung Galaxy lain yang terkoneksi untuk, misalnya, menghidupkan musik, membuat atau menerima panggilan serta mengirim pesan. Kalau mau, kontrol aplikasi pun bisa dilakukan menggunakan suara.

Oh ya, produk yang akan tersedia pada 25 September mendatang ini punya kamera untuk mengabadikan momen. Spesifikasi kameranya memang tidak tinggi, cuma 1,9 megapiksel dan posisinya terletak di sisi samping kamera.

Samsung akan memasarkan Galaxy Gear Smartwach seharga 299 dolar (atau sekitar 2,99 juta dengan kurs saat ini). Tersedia dalam 6 warna berbeda: Jet Black, Mocha Gray, Wild Orange, Oatmeal Beige, Rose Gold, dan Lime Green.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.