Awas, Perangkat Mobile bisa Bikin Sakit Punggung

punggung

JAKARTA, RABU – Sering sakit punggung? Sering menunduk untuk melihat layar perangkat mobile, seperti smartphone? Menurut para peneliti, kedua faktor ini saling berhubungan, dan bagi banyak orang memang benar.

Grup riset Simplyhealth menyebutkan, 84% orang dalam rentang usia 18 – 24 tahun mengaku mengalami sakit punggung dalam kurun 12 tahun terakhir. Sakit punggung memang akan dirasakan setiap orang di usia-usia tertentu, tetapi jarang terjadi di usia muda, apalagi dalam persentase yang cukup tinggi.

Berdasarkan pengalaman pribadi, menunduk untuk menatap layar perangkat mobile memang bisa mengganggu kesehatan. Setidaknya leher akan pegal dan kepala menjadi pening.

Yang mengerikan adalah penemuan bahwa mereka yang berusia 18 – 24 tahun menghabiskan rata-rata 8,83 jam menatap layar – jauh lebih lama dibandingkan waktu untuk tidur. Di AS, dilaporkan bahwa 1,5x hari kerja hilang yang merupakan akibat langsung dari sakit punggung.

Solusi masalah ini sebenarnya sederhana saja: Berhentilah menunduk untuk menatap layar smartphone  setiap saat. Jika harus melakukan memelototi layar smartphone, lakukan sejajar dengan ketinggian mata. Memang tidak menyenangkan, tapi lebih baik daripada sakit punggung di kemudian hari bukan?

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: