Microsoft Ngaku Windows 8.1 Update Bisa Macetkan Mouse

Disable_ScalingJAKARTA, PCplus – Sudah pakai Windows 8.1? Kamu bisa upgrade ke OS versi baru ini gratis loh kalau sudah punya Windows 8. Jadi kalau masih pakai Windows 7, upgrade dulu ke Windows 8, lalu dapatkan update ke Win 8.1 secara gratis.  OS baru ini enak dipakai di layar sentuh.

Sayangnya ada masalah yang bisa membuat gamer berpikir-pikir sebelum mengklik OS ini di Windows Store. Ada keluhan tentang mouse dari sejumlah pengguna yang meng-upgrade ke Windows 8.1. Mereka menyebutkan mouse-nya lag di video games.

Microsoft mengakui masalah tersebut dan mengatakan ada masalah-masalah lain juga. Microsoft juga mengatakan sedang secara aktif menyelidiki masalah tersebut dan akan membuatkan patch.

“Pertama-tama, kami berterima kasih kepada komunitas gaming kami yang memberikan umpan balik detil tentang masalah ini. Walaupun belum punya tangggal untuk rilis perbaikannya, kami berusaha untuk mengatasi masalah secepatnya,” tulis moderator Microsoft di forum komunitasnya. “Masalah lag mouse sebenarnya adalah beberapa masalah yang berbeda yang dapat berbeda-beda tergantung pada game, metoda input yang dipakai, dan lain-lain. Ada sejumlah solusi yang bisa membantu beberapa masalah tersebut, yang kami cantumkan di bawah.”

Ada tiga masalah yang disebutkan Microsoft sedang dicarikan perbaikannya. Mereka adalah mouse jittering ketika kamu menggerakkannya di game, gerakan mouse yang tidak sesuai bahkan setelah akselerasi dimatikan, dan measured mouse polling rate yang melaporkan frekuensi yang lebih rendah dari yang diharapkan. Microsoft telah menemukan biang kerok untuk masalah jitter, yang “terjadi di beberapa game karena Windows 8.1 menangani checks game untuk status mouse secara berbeda.”

Nah jika mouse-mu tidak bisa bergerak di seluruh penjuru game di Windows 8.1, Microsoft menyarankan kamu untuk mematikan DPI scaling (klik-kanan ikon  game, pilih Properties, pilih Compatibility tab, dan centang kotak di sebelah Disable display scaling on high DPI settings).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer