Bakal ada Konektor USB Tipe C buat Segala Posisi

Bakal ada Konektor USB Tipe C buat Segala Posisi

USB- type-C-ConnectorJAKARTA, PCplus – Kamu pasti biasa mengoneksikan kabel dan port USB ke berbagai perangkat USB. Cuma untuk bisa mencolokkan kabel USB ke port USB kamu harus memastikan bahwa arahnya benar. Adakalanya – biasanya pada flash disk – kamu harus membalik arah kabel sebelum perangkat USB dikenali.

Sepele, tapi menjengkelkan bukan? Nah masalah ini akhirnya dicarikan solusinya oleh USB 3.0 Promoter Group dengan mengumumkan konektor USB tipe baru, yakni Type C. Konektor ini bisa bekerja dalam sebarang posisi/arah.

Rancangan dari penemuan baru ini berkisar dari teknologi USB 2.0 dan 3.1. Namun ia dirancang untuk menjadi lebih kecil, mendekati plug USB 2.0 Micro B. Ini agar ia bisa dimanfaatkan oleh sebarang perangkat dan gadget di masa depan. Konektor dan kabel juga bisa mengakomodir scalable charging. Sayangnya, konektor tipe C ini tidak mampu bekerja pada port USB yang ada sekarang. Kamu perlu adapter USB jika ingin memakaianya di port USB lama.

Spesifikasi final dari konektor USB tipe C ini diperkirakan akan tersedia pertengahan tahun depan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer