Gaji CEO Naik, Karyawan HP pun Protes

Meg_Whitman_1
Meg Whitman, CEO HP

JAKARTA, PCplus – Dunia boleh saja dilanda krisis ekonomi dan perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja, tapi bayaran CEO HP mengalami kenaikan. Meg Whitman, CEO HP, telah diberi kenaikan sebesar US$ 1,5 juta sebagai imbalan tangan dinginnya memulihkan kondisi perusahaan. Begitu dilansir oleh the inquirer.

Catatan di US Securities and Exchange Commission (SEC) menunjukkan bahwa Whitman digaji £1,5 juta tahun ini. Ini tidak termasuk opsi saham. Sebelumnya gaji simbolis per tahunnya US$ 1.

HP mengatakan, tindakan itu dilakukan untuk menyetarakan gaji Whitman dengan gaji-gaji CEO dari perusahaan yang setingkat dengan HP. Kenaikan gaji itu berlaku mundur sejak 1 November 2013. Kuartal lalu, HP memang berhasil mencatatkan laba US$ 1,4 miliar.

Namun di seluruh dunia, HP melakukan PHK. Serikat buruh di Inggris mengatakan lebih dari 1100 pekerjaan akan dipangkas di negaranya. Maka kabar kenaikan gaji Whitman pun memicu protes pekerja HP.  

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer