10 Tahun Sabet ICSA, Datascrip Sudah Jual 10 Juta Printer Canon

canon icsa

JAKARTA, PCplus – Printer Canon sudah malang-melintang lama di Indonesia. Dulu merek Jepang ini tersohor karena paling bandel di antara tiga merek printer inkjet yang mendominasi pasar. Kendati bandel, printer inkjet Canon tak meninggalkan kualitas. Harganya pun – printer maupun tinta – cukup terjangkau.  Layanan purna jualnya pun tersebar di banyak kota.

Tak heran jika popularitas printer Canon di kalangan pengguna terus menanjak tahun demi tahun. Tak heran pula jika prestasi itu membuahkan Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) selama 10 tahun berturut-turut. Sejak tahun 1999, printer Canon tak absen menyabet gelar ICSA yang diberikan lembaga riset Frontier Consulting Group dan majalah SWA untuk kategori printer. ICSA sendiri sebuah penghargaan yang mencerminkan kepuasan terbaik dari konsumen.

“Ini penghargaan bergengsi untuk produk. (Survei-nya) Dilakukan di 6 kota besar dengan 7500 responden. Ada empat parameter yang dipakai: quality satisfaction score (skor kualitas produk), value satisfaction score (skor terhadap harga), perceived best score (skor merek terbaik) dan expectation score (skor kepuasan),” terang Monica Aryasetiawan dari PT Datascrip (distributor printer inkjet Canon) dalam acara Canon Consumer System Product Gathering 2013 di Jakarta (19/12/2013).

Inkjet (Canon) mendapat penghargaan ICSA selama 10 tahun berturut-turut,” kata Monica bangga. Ia menuturkan bahwa printer inkjet Canon sejak tahun 2011 mengusung tag line baru, yakni PIXMA: quality promised.

Perwakilan Canon Regional Singapura, Masano Sujita, mengatakan senang dengan pencapaian tersebut. “Sampai tahun 2013, sudah 10 juta unit printer inkjet (Canon) terjual di Indonesia,” katanya senang.

Selain untuk kategori printer, merek Canon juga berhasil menyabet penghargaan ICSA 2013 untuk kategori kamera digital.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer