Lenovo Yoga 2 Pro, Sajian Resolusi Layar Ultrabook Tertinggi

lenovo yoga-2-pro2JAKARTA, PCplus – Sekitar satu tahun lalu, Lenovo menghadirkan Lenovo Yoga, notebook multi-mode (stand mode, tablet mode, laptop mode, tent mode) dengan layar 13,3” yang bisa digunakan sebagai notebook maupun tablet. Dianggap sukses di pasar, penerusnya – Yoga 2 Pro – yang juga ditujukan pada consumer diluncurkan. Kali ini ada dengan pilihan warna orange dan abu-abu (gray) agar lebih menarik.

“Ini satu-satunya yang bisa menekuk sampai 360 derajat,” kata Julius Tjhin (4P Manager for Consumer, Lenovo Indonesia) dalam acara peluncuran di Jakarta (18/12/2013). Dibandingkan Yoga, Yoga 2 Pro lebih ringan dan tipis. Kalau Yoga berbobot 1,54kg, Yoga Pro tercatat 1,39kg. Badannya Yoga 2 Pro 1,55cm (Yoga 1,69cm).

Perbedaan lain, Lenovo menanamkan software Yoga Picks.  Untuk setiap mode, ada saran tentang aplikasi-aplikasi  apa saja yang cocok. “Aplikasinya tersedia di Windows Market, karena sistem operasinya Windows 8,” terang Julius.

Pada moda tablet misalnya, ditawarkan aplikasi Birzzle, game sentuh yang populer dan aplikasi e-reader Zinio. Di moda tent, kamu akan disorodi aplikasi melukis Fresh Paint dan aplikasi streaming musik Rara. Di moda laptop, ada Phone Companion untuk menyalin konten dari dokumen atau website dan memgirimkannya ke ponsel sebagai pesan teks. Di moda tablet, ada Yoga Photo Touch untuk menyunting dan me-retouch foto menggunakan ujung jemari. Sementara pada moda Stand ada Yoga Camera Man untuk memotret dengan efek khusus (lomo, macro, GIF, dll).

PointGrab-Hybrid-Action-Recognition-Technology-brings-Motion-Control lenovoLenovo juga membenamkan fitur Motion Control. Maka kamu bisa mengibaskan tangan di depan layarnya sebagai ganti menekan tombol Next saat memutar lagu. “Jarak tangan bisa sampai satu meter,” kata Julius. Fasilitas gerakan yang memanfaatkan webcam ini juga berlaku saat kamu membaca buku atau majalah digital, atau menonton film.

O ya kendati luasan layar IPS (in-plane switching) Yoga 2 Pro tidak beda dengan pendahulunya, tingkat terangnya lebih tinggi 16%, yakni 350 nits. Resolusi yang ditawarkan 3200×1800, lebih tinggi dibandingkan apa yang ditawarkan layar MacBook Air (2560×1600) dengan teknologi Retina dari Apple. Kendati lebih terang, layar yang mampu menampilkan 72% color gamut dengan contrast ratio 800:1 ini tidak akan memboroskan daya baterai. “Baterai justru lebih awet karena prosesornya menggunakan Intel Haswell generasi ke-4,” klaim Julius.

Ultrabook ini menggunakan Intel Core i7-4500U dengan RAM DDR3 8GB, VGA terintegrasi, SSD 256GB. Di sisi kiri badannya tersedia satu port USB 3.0, port mini HDMI, serta slot kartu memori SD. Di sisi kanan kamu akan menemukan tombol rocker pengatur volume, pengunci arah layar, jack headset dan port USB 2.0. Koneksi nirkabel yang ditawarkan adalah Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi 802.11b/g/n.

Lenovo Yoga 2 Pro dijajakan Rp 16,099 juta dengan masa garansi 2 tahun.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: