Anti Low-Batt, Tablet Lenovo Yoga Tahan 18 Jam

lenovo yogaJAKARTA, PCplus – Biasanya tablet digunakan untuk bersenang-senang, menghibur diri di kala senggang maupun tak senggang. Nonton film, dengerin musik, main game. Tapi kalau baterainya kurang awet menyebalkan juga bukan? Lagi asik-asiknya nonton film, eh ada peringatan kalau melemah.

Masalah low-batt ini tak akan kamu alami di tablet terbaru Lenovo yang bernama Yoga. Tablet yang hadir dalam dua ukuran layar itu – 8” dan 10” – mampu bertahan 18 jam. “Cukup untuk dipakai menghibur diri, nonton film,  dalam penerbangan Jakarta – Paris (yang memakan waktu 18 jam). Tidak perlu isi ulang baterai,” kata Rajesh Thadani (General Country Manager, PT Lenovo Indonesia) saat memperkenalkan tablet Yoga yang mengemaskan prosesor quad-core MediaTek MT8389 1,2GHz di Jakarta kemarin siang (21/1/2014).

Stamina tinggi tablet Yoga itu, terang Rajesh, dikarenakan Lenovo membenamkan dua baterai di dalam tablet. Satu di badan tablet seperti layaknya di tablet, dan satu lagi ditempatkan di salah satu sisi badan tablet sehingga terlihat agak membulat keluar. “Ada satu baterai lagi di bagian ini. Jadi total ada dua baterai di Yoga 8”. Kalau di Yoga 10”, baterainya total ada tiga,” ungkap Rajesh.

“Ini satu-satunya (tablet) dengan (daya tahan) baterai 18 jam. Kapasitasnya 6000mAh (Yoga 8”) atau 9000mAh (Yoga 10”),” kata Steven Tjandra (4P & Distribution Manager, PT Lenovo Indonesia).

Kendati mengemaskan baterai berkapasitas tinggi, tablet Lenovo tetap ramping. Pun ringan dipegang dengan satu tangan. Yoga 8” tercatat  400 gram, sedangkan Yoga 10” 615 gram.

Bagian tablet yang membulat karena mengandung baterai itu  pun ternyata menyimpan fungsi lain. Lenovo menyebutnya sebagai memiliki tiga mode, mirip sifat ultrabook Yoga-nya . Ia bisa menjadi handle, membuat tablet nyaman dipegang dengan satu tangan, alias Hold mode.  Dengan memegang bagian baterai, kamu akan lebih enak saat membaca, melihat dan berbagi foto.

lenovo yoga stand modeBagian itu juga bisa dikembangkan (baliklah tablet, dan cungkil keluar bagian belakang bawah dengan menggunakan kuku jari). Maka hadirlah penyangga (stand) yang menyatu dengan tablet. Ini disebut Stand mode. Tablet pun bisa didudukkan di meja, termasuk di meja yang melekat di bangku pesawat, dengan aman, membuat kita makin betah menonton film, mendengarkan musik, dan melakukan video chat  di layar IPS-nya yang beresolusi 1280×800. Tak perlu lagi capek memegangi tablet, atau membeli penyangga terpisah. Penyangga ini bisa diatur sudut kemiringannya 110 sampai 135 derajat.

 O ya, kamu juga bisa mengaktifkan software auto-detection yang tertanam loh. Ini agar kamu dikasih tahu aplikasi-aplikasi mana saja yang sering dipakai di Hold dan Stand mode.

Jika mau lebih enak browsing, main game atau mengetik, silakan tidurkan Yoga di atas meja. Karena ada bagian yang agak menonjol, posisinya agak mendongak ke atas, alias Tilt mode. Sudut pandang yang disajikannya meniadakan kebutuhan akan penyangga eksternal.lenovo-yoga-tilt

tablet yoga dolbyEh iya ada satu lagi keistimewaan tablet Yoga yang mendukung fungsi hiburan.  Apa itu? Suara! Yoga ini mendukung Dolby Digital Plus untuk film maupun musik.  “Suara bisa terdengar mengelilingi kita, sehingga terasa kita ikut hadir di dalamnya. Apalagi di tablet ini speaker-nya menghadap ke depan,” kata Yoong Leong-Yan (Regional Director of South East Asia, Dolby Laboratories) kepada PCplus. “Tidak perlu pakai headphone. Kalau pun mau pakai, tak perlu beli headphone yang mahal seperti Beats. Yang biasa pun sudah bisa menghadirkan suara surround,” kata Leong-Yan.

Semua fitur di atas – baterai yang sangat awet, Dolby Digital Plus, speaker depan, layar HD, fisik tipis, bobot ringan – dengan jelas menegaskan tablet Yoga sebagai alat penghibur yang mumpuni.

Lalu berapa harganya? Cukup terjangkau. Yoga 8” ditawarkan Rp 3,699 juta termasuk paket Free Internet 1,5GB selama 6 bulan dari Indosat. Kakaknya, Yoga 10”, dibandrol Rp 4,699 juta dengan paket Indosat Free Internet 9 bulan dan bonus keyboard Bluetooth yang juga bisa menjadi cover tablet.

O ya, kedua tablet Lenovo ini sudah dipasangi OS Android 4.2 Jelly Bean, kamera belakang 5MP, kamera depan 1,6MP, storage internal 16GB (bisa ditambah via slot microSD sampai 32GB). Khusus Yoga 8” juga mengemaskan fitur GSM Voice Call.  

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.