Google Trend 2013: WeChat Paling Populer di Indonesia

wechatJAKARTA, PCplus – Ada yang masih suka pakai SMS? Pasti ada. Tapi belakangan ini instant messenger (IM) nyaris melibas popularitas SMS. Banyak orang lebih suka menggunakan IM – BBM, Kakao Talk, Line, WeChat, WhatsApp – di ponsel Android-nya ketimbang SMS. Maklum kebanyakan IM ini gratis. Belum lagi biasanya ada banyak tawaran bonus di IM.

Lalu apa IM terpopuler di tanah air? Menurut Google Trend 2013 jawarannya adalah WeChat. Ia mengungguli BBM, Line dan Kakao Talk. Di kalangan pengguna smartphone di Indonesia, WeChat memiliki penetrasi 30%. Social app ini juga sudah dipakai sebagai strategi pemasaran produk, antara lain oleh KFC dan tokobagus.com. Begitu menurut rilis pers WeChat yang PCplus terima.

Bagaimana di dunia? Menurut laporan GlobalWebIndex, WeChat mengalami pertumbuhan 10121% di kalangan pengguna berusia 16 – 19 tahun di seluruh dunia sepanjang Q1 – Q3 tahun lalu. Pencapaian ini tertinggi dibandingkan social apps lainnya.

Berdasarkan peringkat App Annie, WeChat juga menjadi social app yang paling banyak diunduh di banyak pasar aplikasi pada beragam sistem operasi mobile, khususnya iOS. Di seluruh dunia lebih dari 100 juta akun terdaftar sebagai pengguna WeChat. 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: