Hacker Ubah Mouse Jadi Kamera Digital

Citra dengan resolusi 15x15 piksel yang didapat dari mouse Logitech. (Dok. Frenki.net)
Citra dengan resolusi 15×15 piksel yang didapat dari mouse Logitech. (Dok. Frenki.net)

Jakarta, PCplus –  Tidak heran kalau banyak orang bilang, langit adalah batas dari kreativitas. Franci Kapel, seorang hacker gadget membuktikan hal itu. Lewat kreatifitas dan pengetahuan elektronika yang digabungkan dengan kepiawaiannya membuat program berbasis web, pria ini mempu mengubah sebuah mouse optik menjadi kamera digital.

Franci pun berbagi hasil temuannya itu di situs pribadinya di Frenki.Net. Di situsnya itu Frenki menjelaskan dengan gamblang cara menyulap mouse menjadi kamera digital dengan bantuan board mikro kontroller Arduino yang memiliki prosesor berbasis ARM. Sekadar informasi, Arduino adalah sejenis proyek elektronika yang difokuskan untuk membangun komputer personal (PC) berukuran mini. Proyek serupa yang saat ini marak adalah RaspberryPi.

Lalu bagaimana Franci melakukannya. Pertama ia “mencangkok” data citra yang ditangkap oleh mouse optis. Menurutnya semua mouse optik dibekali sensor optis yang mampu merekam gambar dengan resolusi 15 x 15 piksel dalam format hitam putih.  Data citra yang diolah oleh chip khusus ini bisa dialihkan ke port input/output di Arduino menggunakan kabel dan resistor 10 kilo ohm.

Data citra yang didapat Arduino kemudian diterjemahkan lewat web browser dengan bantuan kode Java Script. Hasilnya, dengan mengarahkan browser ke alamat IP Arduino maka citra yang “dilihat” oleh sensor mouse akan tampil di layar komputer.

Kamu pun bisa lho mencoba eksperimen ini. Semua yang kamu butuhkan bisa dilihat di http://frenki.net/2013/12/convert-optical-mouse-into-arduino-web-camera/  . Selamat mencoba!

http://www.youtube.com/watch?v=Ix6532mrIKA

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.