i-FlashDrive, Flash Disk Buat Smartphone

i-FlashDrive saat dihubungkan ke iPhone (Dok. PhotoFast)
i-FlashDrive saat dihubungkan ke iPhone (Dok. PhotoFast)

Jakarta, PCplus РSalah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone adalah ketika akan melakukan pertukaran data antar perangkat. Internet (lewat email) atau Bluetooth memang kadang jadi andalan, tapi apa jadinya ketika keduanya tidak tersedia?

Pakai saja i-FlashDrive, flashdisk khusus untuk smartphone besutan PhotoFast. Ia sebenarnya merupakan media simpan berbasis memori flash biasa, tapi yang membuatnya istimewa adalah ketersediaan beragam jenis konektor untuk dihubungkan ke berbagai jenis dan merek smartphone, termasuk Apple.

Itu sebabnya, perusahaan asal Taiwan ini berani mengklaim produknya sebagai satu-satunya flashdisk dengan kemampuan cross platform. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya port 30 pin yang bisa dihubungkan ke Apple iPhone 4s atau seri lebih lawas. Jika ingin menghubungkan ke iPhone 5, tinggal colok adapter khusus yang mengonversi ke 8 pin.

Di sisi lain, i-FlashDrive menyediakan port micro USB yang bisa dipakai untuk hampir semua jenis Android. Jika ditambah pengubah ke port USB standar, maka perangkat ini bisa dihubungkan ke PC. Nah, kalau sudah begini, transfer data dari iPhone, Android dan PC bisa dilakukan dengan mudah.

Paket standar i-FlashDrive
Paket standar i-FlashDrive

Eit, kendati berupa perangkat simpat data, bukan berarti kemampuannya hanya sebatas itu. Melalui Apple App Store, i-FlashDrive menyediakan aplikasi yang dapat membuat fungsi perangkat ini jadi lebih kaya. Misalnya untuk melakukan enkripsi file, manajemen file, pemutar musik MP3, backup kontak sampai pemutar video dan foto.

Di Indonesia, produk-produk i-FlashDrive ini dipasarkan oleh PT. Festino Indonesia (021-5363207)  selaku distributor resmi.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.