Lenovo akan Akuisisi Bisnis Server Low-End IBM

Server low-end IBM seperti Flex v7000 ini akan berpindah tangan ke Lenovo
Server low-end IBM seperti Flex v7000 ini akan berpindah tangan ke Lenovo

JAKARTA, PCplus – Akuisisi Lenovo terhadap IBM belum berakhir. Kini bisnis server IBM x86  IBM – System x, BladeCenter dan Flex System blade server dan switch, sistem terintegrasi Flex berbasis x-86, server NeXtScale dan iDataPlex berikut software terkait, blade networking dan operasi maintenance – juga akan menjadi bagian dari  Lenovo. Begitu diumumkan Lenovo tentang akuisisi senilai US$ 2,3 miliar tersebut.

“Akuisisi ini mendemokan kemauan kami untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang dapat membantu menggerakan pertumbuhan yang menguntungkan dan memperluas strategi PC Plus kami,” kata Yang Yuanqing (Chairman and CEO, Lenovo). “Dengan strategi yang tepat, eksekusi yang bagus, inovasi berkelanjutan dan komitmen jelas terhadap industri x86, kami yakin dapat sukses mengembangkan bisnis ini dalam jangka panjang, seperti yang telah kami lakukan dengan bisnis PC dunia kami.”

Lenovo mengatakan berencana menawari pekerjaan pada 7500 karyawan IBM di seluruh dunia, termasuk mereka yang berada di lokasi-lokasi utama, seperti Raleigh, Shanghai, Shenzhen, dan Taipei. Bagi IBM, akuisisi Lenovo ini membuat mereka bebas untuk berfokus dan mengembangkan portofolio software Windows dan Linux di platform x86.

Akuisisi ini sudah lama diperkirakan akan terjadi. Tahun lalu Lenovo mencoba membeli bisnis server low-IBM, tetapi gagal. Ini karena harga permintaan IBM (US$ 4 miliar – US$ 6 miliar) terlalu tinggi bagi Lenovo (yang menawar US$ 2,5 miliar). Namun menurut para analis, jika terjadi kesepakatan harga, akuisisi itu juga akan terwujud.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.