Qualcomm Ambil Alih Paten Palm dan iPAQ dari HP

QualcommJAKARTA, PCplus – Ada yang ingat Palm? Di jamannya dulu, Palm adalah merek smartphone ternama. Salah satu produknya yang melejit adalah Treo. Sebelum smartphone, Palm memproduksi PDA (personal digital assistant).

Kini paten  Palm  sudah berpindah tangan dari HP ke produsen chip Qualcomm. Selain Palm, Qualcomm mengambil alih portofolio 1400 paten AS (granted dan pending), dan 1000 paten (granted dan pending) lain dari negara-negara lain dari tangan HP. Portofolio paten itu mencakup teknologi tentang teknik-teknik fundamental sistem operasi mobile. Begitu diumumkan Qualcomm. Penjualan ini terjadi beberapa bulan setelah OS Palm, yakni WebOS, dijual HP ke LG. Dan lebih dari satu tahuns etelah HP ‘mengubur’ tablet TouchPad yang gagal.

Portofolio paten lain yang dijual HP ke Qualcomm adalah bisnis PDA HP iPAQ, dan Bitfone. Yang disebutkan terakhir adalah perusahaan software enterprise mobile yang diakuisisi HP pada tahun 2006.

Dalam pengumuman resmi di situsnya, Qualcomm tidak mengungkap nilai akuisisi tersebut. 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.