Nostalgia Situs Lokal

situs-onlinePerkembangan situs di tanah air mulai menggeliat setelah era reformasi bergulir di tahun 1998. Meski ada pula beberapa diantaranya telah hadir sebelum era tersebut. Di awal kehadirannya, situs-situs tersebut masih tampil dengan desain sederhana dan jauh berbeda dengan tampilan saat ini. Jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan situs tersebut di masa awal, bisa mencari melalui situs Internet Archive Wayback Machine (IAWM).Dari sini kamu bisa melihat apa yang ditampilkan situs tersebut di masa lalu dan melihat perubahan ataupun perbedaan tampilan dengan sekarang, sekaligus bisa sebagai ensiklopedia berita-berita lawas. Berikut situs-situs lokal yang memiliki tampilan unik di awal kehadirannya:

1. Detikcom
detik-duluMerupakan salah satu situs berita online lokal terbesar, awalnya lebih mengkhususkan diri meliput berita-berita seputar politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Kehadiran situs ini memang bertepatan dengan gelojak peristiwa jatuhnya mantan presiden Suharto. Tidak heran saat itu berita seputar hal tersebut lebih banyak mengisi porsi situs yang didirikan oleh mantan wartawan tabloid Detik dan Tempo. Dan situs IAWM sendiri berhasil memiliki database pada tanggal 5 Desember 1998, dimana saat itu berita mengenai peristiwa yang berhubungan dengan jatuhnya mantan presiden Suharto serta peristiwa Mei 1998 banyak mengisi kolom berita.

2. Kompas.com
kompas-duluKompas yang memiliki nama besar di bidang surat kabar, akhirnya merilis versi online-nya pada tahun 1995. Berawal menggunakan nama Kompas Online, tiga tahun berikutnya mengganti nama menjadi Kompas.com. Tahun 2008, Kompas.com merubah tampilan situs dimana menggunakan logo, tata letak, hingga konsep baru. Jika melihat situs IAWM, tampilan awal Kompas memang masih terlihat sederhana. Database IAWM berhasil menangkap tampilan situs pada edisi tanggal 3 November 1996, yang pada rubrik kolom tanya jawab bersama Bill Gates membahas masalah surat elektronik.

3. Kaskus
kaskus-duluSitus yang terkenal dengan istilah sundul gan ini didirikan pada 6 November 1999 oleh Andrew Darwis, Ronald, dan Budi yang saat itu sedang melakukan studi di Amerika Serikat. Kaskus yang merupakan kependekan dari kasak kusuk awalnya merupakan situs yang dibuat untuk mengobati kerinduan para pendirinya dengan menampilkan berita-berita dari Indonesia yang diterjemahkan. Sayangnya IAMW tidak menyimpan tampilan situs tersebut saat masih menggunakan domain us. Database terlama yang masih dimilikinya yaitu pada tanggal 6 Desember 2000 dimana Kaskus sudah menggunakan domain .com. Saat itu berita-berita yang ditampilkan lebih banyak mengenai berita berbahasa asing (Inggris) seputar kejadian di tanah air.

4. Toko Bagus
tokobagus-duluSitus jual beli online yang terbilang cukup pesat ini berdiri tahun 2005. Layaknya situs lain yang lambat laun mengalami perubahan desain hingga logo, begitu pula dengannya. TokoBagus.com terus memperbaiki dan menambahkan fitur-fitur terbarunya dan hingga kini telah memiliki berbagai produk yang ditawarkan para pengunjung yang disusun berdasarkan kategori serta wilayah. Melihat perkembangannya ke belakang, berdasarkan database dari IAWM, baru beberapa bulan sejak kehadirannya yaitu pada tanggal 17 Mei 2005, situs tersebut mengklaim telah mencapai 1.250.000 kunjungan per bulan. Angka ini tentu saja menjadikannya salah satu situs paling ramai dikunjungi.

5. Kapanlagi
kapanlagi-duluKapanlagi.com merupakan situs yang menampilkan berita seputar infotainment dimana berdiri pada bulan Agustus 2003. Dengan moto ‘Kalau bukan sekarang, kapan lagi?’ ini berawal dari layanan SMS yang menampilkan berita singkat. Setelah ditangani lebih serius, akhirnya berdirilah situs Kapanlagi.com menjadi sebuah situs berita online. Bahkan situs IAWM masih memiliki tampilan lengkap pada berita yang ditampilkan pada tanggal 6 Agustus 2003 tersebut. Dimana saat itu berita mengenai meledaknya bom di hotel JW Marriott Jakarta menjadi headline-nya. Pada saat itu situs Kapanlagi.com memang masih mencampur berita mereka dengan berita lain seputar beberapa peristiwa penting di Indonesia.

6. Infokomputer
infokomputer-lamaYang tidak kalah menarik adalah situs kakak kami, InfoKomputer.com. Tayang sejak tahun 1998, tampilan InfoKomputer.com masa lalu tampak sangat berbeda dibandingkan saat ini yang lebih fresh. Saat itu Infokomputer.com hanya menampilkan konten yang terdiri dari 4 kategori saja. Melihat dari database IAWM, highlight berita pada tanggal 12 Juni 1998 yaitu berita mengenai diluncurkannya Windows 98.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.