SanDisk Dual USB Drive: Mudahkan Transfer File Gadget Android

sandisk dual usb driveJAKARTA, PCplus – Banyak di antara kita yang punya gadget Android, entah itu smartphone atau tablet. Dan tak jarang kita mengunduh file-file video atau file MP3 yang ukurannya besar, maupun file PDF atau bahkan dokumen di memori internal atau kartu memori gadget tersebut. Padahal kapasitas memori internal terbatas loh.

Karenanya mungkin kamu ingin memindahkan sebagian file tadi dari smartphone/tablet ke PC. Untuk itu mungkin perlu melepas kartu memori dari gadget, memasukannya ke memory card reader, lalu menancapkan card reader ke port USB komputer. Ribet ya?  Pakai kabel data? Hmm, mungkin kamu tidak membawa-bawahnya atau bahkan tidak punya. Pakai Bluetooh? Hmm, kecuali notebook, PC biasanya tidak punya koneksi Bluetooth.

Kalau mau cepat dan mudah, kamu bisa pakai SanDisk Ultra Dual USB Drive. Jadi kamu tidak perlu lepas/pasang kartu memori. Juga tidak perlu card reader. Cukup tancapkan perangkat kecil (2×3,6 cm) ini ke port microUSB gadget, maka data yang dibutuhkan bisa langsung dipindahkan ke flash disk. Eh tak perlu pula repot cari USB flash disk lagi loh.

Ya, sebab SanDisk Ultra Dual USB Drive ini berfungsi sebagai dua perangkat: USB flash disk dengan kepala USB 2.0, dan USB host untuk smartphone/tablet. SanDisk menyediakan tiga kapasitas (untuk flash disk-nya): 16, 32 dan 64 GB. Jadi kamu tinggal  tancapkan ujung kepala microUSB-nya ke port microSD smartphone/tablet kamu. Maka kamu akan ditawari pilihan untuk menyalin file yang bercokol di gadget ke flash disk yang tertanam itu.sandisk dual usb drive2

Agar lebih enak, ada baiknya kamu unduh dulu app SanDisk Memory Zone dari Play Store. Ini agar kamu lebih mudah mengelola file-file yang disimpan di memori internal maupun kartu memori gadget, maupun di cloud storage. Dengan app ini kamu bisa mengelola, melihat, menyalin dan melakukan backup file begitu drive ditancapkan ke port gadget, termasuk memproteksi file dengan password.

O ya, agar Dual USB Drive berfungsi, gadget kamu harus mendukung OTG (on-the-go) ya. “Tidak semua support, tapi hampir semua device terdepan sudah mendukung, misalnya dari Samsung dan HTC,” jelas Indris Effendi (Country Manager Indonesia, SanDisk) dalam jumpa pers di Jakarta kemarin siang (19/2/2014).  Untuk tahu apakah perangkatmu mendukung OTG atau tidak, silakan lihat daftar di www.sandisk.com/dualdrive.

Satu lagi yang perlu diingat, kendati punya dua konektor (microUSB dan USB 2.), kedua konektor itu tidak bisa dipakai bersamaan.

Menarik ya? Nah, kalau mau memiliki SanDisk Ultra Dual USB Drive kamu sudah bisa membelinya sekarang. Yang berkapasitas 16GB dijual Rp 195 ribu. Kalau mau kapasitas tertinggi, 64GB, kamu perlu menyiapkan dana Rp 590 ribu. 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.