SanDisk Extreme Pro USB 3.0: Hanya 7 Detik untuk Transfer File 1GB

sandisk extreme pro usb 3.0JAKARTA, PCplus – Jaman sekarang port USB makin populer di kalangan pengguna komputer. Flash disk pun sudah menjadi komoditas. “Rata-rata orang punya 4,3 USB flash disk dan minimal 4 perangkat dengan port USB, serta menyimpan 7,6 file per USB,” kata Idris Effendi (Country Manager Indonesia, SanDisk) dalam jumpa pers di Jakarta kemarin siang (19/4/2014). “Karena itulah berbagi dan transfer data yang lebih cepat menjadi penting,” tambahnya.

Menjawab tuntutan tersebut, SanDisk menghadirkan seri terbaru flash disk, yakni Extreme Pro USB 3.0. Sesuai namanya, ia menggunakan koneksi USB 3.0 yang 60x lebih cepat dibandingkan USB 2.0. “Paling cepat di pasar saat ini. Transfer movie berkualitas Blu-Ray 1GB dalam hitungan detik,” kata Idris.  Ia lalu mendemokan peng-copy-an sebuah file 1,3GB ke Extreme Pro USB 3.0. Hasilnya, file tuntas disalin dalam 6,7 detik. Menurut SanDisk, flash disk barunya ini akan sanggup meng-copy 1000 foto hi-res dalam waktu kurang dari 35 detik.

Idris juga melakukan benchmark kecepatan dengan software CrystalMark 3.03 x64 untuk meng-copy file berukuran 1000MB saat itu. Hasilnya, kecepatan sekuensial Extreme Pro USB 3.0 tercatat masing-masing 260,2MB/s (baca) dan 242,8MB/s (tulis). Angka ini sedikit di atas klaim SanDisk (260MB/s untuk baca, 240MB/s untuk tulis).sandisk extreme pro usb 3.0a

Dari sisi tampilan, Extreme Pro USB 3.0 cukup menarik. Ia hadir dalam casing metal alumunium. Produk ini dibundel dengan software SanDisk SecureAccess v2.0. Software ini berguna untuk mem-backup dan me-restore data vault, melindungi file dengan enkripsi AES 128-bit dan password dan bisa melakukan time-out secara otomatis. Ia bekerja di Mac dan Windows.

Flash disk SanDisk Extreme Pro USB 3.0 ini tersedia dalam kapasitas 128GB. Harganya Rp 2,7 juta dengan garansi seumur hidup. 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.