Lenovo ThinkPad 8: Fisik Tablet, Fungsi Mirip PC

lenovo tp 8JAKARTA, PCplus – Tablet biasanya lebih banyak ditekankan pada fungsi entertainment, bukan bisnis. Tidak demikian dengan tablet besutan Lenovo yang berseri ThinkPad 8. Yang ini murni ditujukan untuk pengguna di kalangan bisnis. OS-nya pun bukan Android, tapi Windows 8 Pro.  

“ThinkPad 8 didesain mirip PC, bisa disambungkan ke monitor. Layarnya 8,3”, lebih besar dari kompetitor yang 7,9”. 1920×1200, dukung Full HD,” ujar Azis Wonosari (Technical Manager, PT Lenovo Indonesia) dalam 1st Media Look di Jakarta tadi siang (20/3/2014).

Bak PC, tablet ini memang bisa dikoneksikan ke layar monitor dan menjalankan multiple display. “Bisa jalankan Excel di satu sisi, main gaje di sisi lain secara bersamaan,” terang Azis. Namun untuk itu kamu perlu ThinkPad USB 3.0 Dock yang dijual terpisah. Melalui docking station tersebut, kamu bisa mengoneksikan dua monitor full-size, dan menghubungkan maksimal 5 perangkat USB. Kamu juga akan menemukan port Gigabit Ethernet di situ.

Lenovo-ThinkPad-8-dDari sisi desain ThinkPad 8 mengambil DNA jajaran notebook ThinkPad. Lihat saja bagian belakang tablet itu. Terbuat dari alumunium berwarna hitam, ia kokoh sekaligus elegan, tak beda dengan notebook ThinkPad. Logo ThinkPad hadir di sisi kanan atas bagian belakang ini. Titik di atas huruf “I” akan menyala merah saat tablet dioperasikan. “Desainnya sangat premium, dengan material alumunium, stereo speaker,” jelas Azis.

Di layar sentuhnya, kamu bisa men-swipe dari kiri untuk berpindah aplikasi dengan cepat. Kalau menggunakan moda Snap split-screen Windows 8.1, kamu bisa memakai dua aplikasi sekaligus. Misalnya e-mail di sisi kiri dan Skype di sisi kanan.

Dari sisi fasilitas, ThinkPad 8 cukup lengkap. Ia memiliki slot microSD  yang bisa menerima kartu dengan kapasitas maksimal 64GB, juga port microUSB 3.0, slot micro SIMcard, port micro HDMI untuk koneksi ke monitor layar datar dan jack headphone. Dua speaker stereo tampil di bagian belakang sisi bawah.  

QuickShot cover yang bisa otomatis meluncurkan aplikasi kamera bila ujungnya yang menutup lensa dilipat
QuickShot cover yang bisa otomatis meluncurkan aplikasi kamera bila ujungnya yang menutup lensa dilipat

O ya, seperti semua tablet masa kini, ThinkPad 8 punya fungsi kamera. Resolusinya tinggi, 8 megapiksel dengan fitur flash. Terkait dengan fungsi kamera ini, ada fitur menarik dalam wujud cover tablet. “Biasanya orang buka cover, lalu cari aplikasi  kamera ketika ingin memotret. Di sini covernya bisa dilipat bagian ujungnya. Jika dilipat, (aplikasi) kamera akan langsung aktif. Lumayan bagus untuk pengguna yang sering menangkap momen-momen tertentu,” jelas Azis.

Cover tersebut juga bisa memposisikan ThinkPad 8 dalam moda berdiri (tent), yang mendukung presentasi atau aktivitas nonton film. Sayangnya QuickShot Cover tersebut merupakan opsi.

Menarik bukan? Sayang belum ada tanda-tanda kehadiran resmi Lenovo ThinkPad 8 di pasar. “Belum mendarat karena ada regulasi (pemerintah) bahwa tablet harus melalui pengujian di Kominfo. Masih dites untuk mendapatkan sertifikat Postel. Mudah-mudahan April sudah tersedia,” kilah Sandy Lumy (Chief Operating Officer, PT Lenovo Indonesia).

Eh tapi adakah bocoran tentang harga tablet Windows 8.1 Pro ini? “Harga terkait kurs, masih harus dihitung. Perkiraan sekitar US$ 600-an,” ucap Sandy. 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.