Lenovo ThinkPad X1 Carbon Kini dengan Keyboard Adaptive

lenovo tp x1 carbonJAKARTA, PCplus – Mendambakan ultrabook yang tahan lama baterainya dan ‘tahan banting’? Ada Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Badannya terbuat dari serat karbon sehingga tahan banting. Baterainya disebutkan mampu diajak bekerja sampai 8,3 jam, atau 80% lebih lama dibandingkan versi sebelumnya. Yang juga menyenangkan, pengisian ulang baterai sampai kondisi 80% hanya membutuhkan waktu 30 menit berkat teknologi Rapid Charge Lenovo.

X1 Carbon dengan sistem operasi Windows 8.1 ini sesungguhnya bukan seri baru. Ia adalah penyegaran dari X1 Carbon yang hadir akhir tahun 2012. “(Yang) Ini adalah generasi ketiga. Generasi pertama (berlayar) 13”, 1,6kg. Akhir tahun 2012 datang generasi kedua, 14”, 1,38kg. Tahun 2014, generasi ketiga. Ini produk paling ringan di dunia untuk (kelas) 14”. 1,28kg. Desain chassis-nya sangat tipis, 17mm,” urai Azis Wonosari (Technical Manager, PT Lenovo Indonesia) dalam 1st Media Look di Jakarta tadi siang (20/3/2014).

Selain lebih ringan dan tipis dibandingkan model sebelumnya, X1 Carbon generasi ketiga ini dibekali beberapa fitur baru. Yang menonjol adalah keyboard-nya. Selama ini ThinkPad identik dengan keyboard yang sangat nyaman. X1 Carbon pun begitu.

lenovo thinkpad x1-carbon- adaptive keyboard
Deretan tombol fungsi diganti dengan satu smart touch strip yang ikon-ikonnya akan berubah fungsi dan menyala sesuai dengan aplikasi yang dipakai.

Yang juga baru adalah dukungan gesture control yang berlaku di beberapa aplikasi. Saat presentasi PowerPoint misalnya, kamu tidak perlu lagi menyentuh keyboard atau layar sentuh X1 Carbon. Cukup kibaskan tangan di depan kameranya, dan slide akan berpindah halaman. “Bisa dari jarak sampai satu meter, tapi harus tepat di depan kamera,” kata Azis.

Dukungan NFC dan perintah melalui suara kini juga disertakan. Voice command ini diaktifkan melalui software Dragon yang sudah terpasang.

Docking station ThinkPad OneLink Dock Pro
Docking station ThinkPad OneLink  Pro Dock

Di badannya yang tipis itu, X1 Carbon menghadirkan dua port USB 3.0, HDMI, MiniDP, Audio/Mic Combo, port Ethernet, dan port OneLink Dock. Yang disebutkan terakhir adalah port untuk docking station ThinkPad OneLink Pro Dock yang dijual secara terpisah. Docking station ini menambahkan koneksi dua Display Port, port USB 3.0, Gigabit Ethernet, pun mampu mengisi daya baterai ultrabook.

Ada dua versi X1 Carbon yang akan beredar di tanah air. Keduanya ditenagai prosesor Intel generasi keempat (Haswell). Yang pertama berlayar sentuh, dan yang kedua layar biasa. Keduanya mengemaskan ukuran layar IPS (in-plane switching) yang sama, 14”, dengan resolusi WQHD 2560×1440. Jika kamu memilih prosesor Intel Core i5, SSD 256GB, dan layar biasa (bukan layar sentuh), kamu perlu menyediakan dana sekitar Rp 20 juta.

Namun kalau kamu mau yang berlayar sentuh dan prosesor Intel Core i7, kamu harus merogoh kocek lebih dalam. “Versi layar sentuhnya mungkin Rp 1 juta lebih mahal. Kalau pakai prosesor Intel Core i7 terpaut US$ 200,” tutur Azis.

O ya, Lenovo X1 Carbon 14” terbaru ini dijadwalkan beredar di di tanah air mulai awal April mendatang. Ultrabook ini ditujukan untuk pengguna di kalangan korporat. “Level VIP,” kata Azis. Karena itulah di sisi kanan bawah panel keyboard hadir sensor fingerprint.  

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.