Enam Tips Mengembangkan Karier dengan LinkedIn

careerJAKARTA, PCplus – Bikin surat lamaran tidak harus di komputer sekarang. Kamu bisa juga membuatnya dengan menggunakan ponsel. Untuk itu kamu bisa pakai LinkedIn for Phone, LinkedIn for iPad, dan Pulse.  LinkedIn adalah jaringan para profesional terbesar sedunia. Jaringan ini tak hanya menjadi sarana penghubung ke publik, tapi juga bisa menjadi sarana mengembangkan identitas profesional.

 Mau tahu apa yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi LinkedIn for Phone, LinkedIn for iPad, dan Pulse? Ini dia:

1. Lamar pekerjaan dari perangkat mobile

Ada tab “Pekerjaan” di aplikasi ponsel LinkedIn. Tab ini akan menampilkan daftar pekerjaan yang telah disesuaikan dengan datamu di LinkedIn. Kalau kamu mau melamar pekerjaan tersebut secara langsung, pakai saja profil LinkedIn-mu.

Melamar pekerjaan dari daftar perusahaan yang direkomendasikan ini lebih hemat waktu dibandingkan kamu cari-cari sendiri di situs lowongan kerja lain. Selain itu, ukuran layar ponsel yang kecil akan membuat apa yang sedang kamu lihat (posting pekerjaan) tidak terlihat orang lain.

2. Langsung undang untuk orang yang baru kamu temui  

Dengan aplikasi LinkedIn for Phone atau LinkedIn for iPad, kamu bisa langsung mengirimkan undangan untuk terhubung ke klien atau rekan yang potensial saat kamu bertemu mereka di sebuah acara. Hemat waktu deh, dan pasti sampai.

Jika kamu sudah lama tidak kontak dengan orang yang ingin kamu hubungidi LinkedIn, ingatkan saja dia. Tuliskan 2 – 3 kalimat yang dapat mengingatkan bagaimana orang tersebut mengenal kamu, dan jelaskan mengapa kamu ingin terhubung, dan bagaimana kalian dapat saling membantu.

3. Jadikan aplikasi ponsel LinkedIn sebagai alat untuk mendapatkan informasi sebelum meeting

Ada pilihan “Kalender” di baru menu aplikasi. Sinkronkan kalender ponselmu dengan aplikasi LinkedIn untuk dapat melihat profil orang yang kamu jadwalkan bertemu di kalender ini. Jadi, kamu akan merasa lebih siap menghadapi rapat atau interview, karena sudah tahu informasi tentang ‘klien’mu.

4. Dapat tips profesional dengan Pulse

Dengan Pulse, fitur terbaru dari LinkedIn, kamu bisa menyimpan artikel untuk dibaca nanti. Tak perlu terkoneksi ke Wi-Fi untuk membaca kembali artikel yang sudah disimpan di Pulse.

5. Ikuti perusahaan di LinkedIn untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah

Di aplikasi LinkedIn for Phone dan LinkedIn for iPad, ada tab “Perusahaan”. Ini adalah sarana untuk mendapatkan informasi dan berita tentang perusahaan yang kamu minati. Pilih tab ini untuk menelusuri daftar perusahaan yang direkomendasikan LinkedIn untuk kamu ikuti. Semakin banyak, semakin bagus.

Ketika kamu mengikuti suatu perusahaan, semua update dan konten dari perusahaan tersebut akan tampil di feed halaman utamamu.

6. Kembangkan jaringan secara aktif ketika sedang bepergian

Saat menelusuri berita di LinkedIn for Phone atau LinkedIn for iPad, kamu bisa meningkatkan interaksi. Kamu bisa memberi komentar untuk posting menarik, mengucapkan selamat kepada koneksi yang memiliki posisi baru atau mendapatkan promosi. Kalau melihat artikel menarik yang relevan dengan karier dan kehidupan profesional, kamu bisa membaginya dengan jaringanmu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.