Epson tak Ingkar Janji

epson l1300JAKARTA, PCplus – Jaman sekarang banyak pihak suka mengobral janji. Janji pun tinggal janji, tak pernah tergenapi. Namun Epson ternyata bukan tipe seperti itu. Perusahaan asal Jepang ini telah menepati janjinya kemarin (23/4/2014) di Jakarta.

Kemarin, Epson meluncurkan dua printer inkjet A3 yang menggunakan tanki tinta ‘refill’ original, alias infus, yakni L1300 dan L1800.   Kedua printer A3 ini dirakit di Indonesia, tepatnya di pabrik Epson di kawasan EJIP, Cikarang, Bekasi.  L1300 dilengkapi empat warna tinta, sedangkan L1800 dengan enam warna tinta.

Kedua produk ini sesuai dengan permintaan konsumen. Empat tahun lalu, Oktober 2010, saat Ini untuk pertama kalinya Epson Indonesia menyajikan dua printer inkjet A4 dengan tanki tinta ‘refill’ original,  L100 (single function) dan L200 (multi function), kalangan fotografer meminta printer sejenis tapi dengan ukuran cetak A3.

“Janji tunai sudah. Pada akhirnya segala hal yang diminta kustomer Indonesia terpenuhi. Ke depannya Epson akan berkonsentrasi memberikan yang terbaik lagi untuk pasar Indonesia,” kata M. Husni Nurdin (Deputy Country Manager, PT Epson Indonesia) di depan wartawan dan para dealer-nya dari seluruh Indonesia.

Kedua printer ini, tambah Riswin Lee (Product Marketing Manager, PT Epson Indonesia), sudah sangat lama dinanti-nantikan. “L1300 lebih cepat untuk mencetak dokumen A4, tetapi L1800 lebih cepat saat mencetak foto borderless dan lebih baik kualitasnya,” terang Riswin tenang perbedaan kedua printer barunya. “L1300 bagus untuk cetak dokumen seperti tabel, grafik. Tapi bagus juga untuk foto,” tambahnya lagi.

O ya, kendati mengemaskan empat warna tinta, tanki tinta L1300 ada lima. “Dua untuk hitam dan tiga untuk warna,” ungkap Riswin. “Bisa untuk cetak 2000 halaman ukuran A3,” imbuhnya.  Kedua printer A3 Epson ini digaransi satu tahun, atau 30 ribu halaman, tergantung mana yang lebih cepat tercapai.

Bersamaan dengan kehadiran kedua printer A3 ini, Epson juga mengubah moto printer seri L-nya. Kalau dulu ketika pertama kali dikeluarkan, seri L menyandang moto “Untuk Indonesia”, kini moto itu berubah menjadi “Dari Indonesia untuk dunia.” Mengapa? Karena pemasaran jajaran seri L ini sudah menyebar ke lebih dari 100 negara, tidak hanya di Indonesia.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: