Para Startup Lokal, Ayo Jawab Tantangan Cisco

Cisco_IoT challengeJAKARTA, PCplus –Pernah dengar Internet ot Things (IoT), yakni di mana semua benda di dunia ini nantinya akan terhubung ke Internet. Saat ini sih belum banyak benda yang secara fisik terhubung ke Internet?

Di seluruh dunia, jumlahnya kurang dari 1%. Namun di masa depan, IoT akan benar-benar terwujud. Kulkas, AC, penanak nasi (rice cooker) di rumah kamu kelak akan terhubung ke Internet (di beberapa negara sih sudah terjadi). Laporan Mobile Visual Networking Index terakhir dari Cisco memperkirakan, 18,8 juta perangkat di Indonesia yang terhubung ke jaringan di tahun 2013 akan tumbuh mencapai 426 juta pada tahun 2018.

Terkait dengan peluang menghubungkan yang belum terhubung ke internet itu, Cisco menantang kamu untuk berkontribusi dalam pertumbuhan dan evolusi dari IoT. Kompetisi global ini ditajuki Internet of Things Innovation Grand Challenge. Cisco mendefinisikan Internet of Things (IoT) sebagai konektivitas yang intelijen dari perangkat-perangkat cerdas, yang diharapkan dapat mendorong peningkatan yang siginifikan dalam hal efisiensi, pertumbuhan bisnis, dan kualitas hidup.

Tertarik? Silakan kirimkan idemu sebelum 1 Juli 2014 (info detail ada di https://iotchallenge.cisco.spigit.com/Page/Home).  Eh harus dalam bahasa Inggris loh. Kamu bisa pilih salah satu dari empat kategori ini: Applications and Application Enablement, Management, Networking, atau Things. Petakan juga ide tersebut ke salah satu industri berikut Edukasi, Layanan Kesehatan, Manufaktur, Energi, Ritel, Transportasi, atau Smart City.

Pada tahap semi final, akan dipiih 19 ide, yang akan dikerucutkan menjadi enam untuk masuk babak final. Tiga ide terbaik akan menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah total US$ 250 ribu untuk mendanai ide bisnisnya, juga mentoring dari Cisco. Pengumuman pemenang akan dilakukan di ajang 2014 Internet of Things World Forum.

Satu yang perlu diingat, semua ide itu akan tetap menjadi milik kamu. Cisco tidak akan memiliki hak intelektualnya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.