TP-Link Mulai Rangkul Pengguna Enterprise

tp-link-pharos-archerJakarta, PCplus – Kenal TP-Link? Produsen perangkat jaringan ini pasti dikenal oleh mereka yang memasang jaringan komputer di rumah atau kantor kecil. Nah, sekarang TP-Link mulai melebarkan sayapnya ke dunia bisnis, ditandai dengan mengenalkan beberapa produk yang spesifik dipakai untuk pengguna enterprise.

Di ajang ICT Expo 2014 yang berlangsung di Jakarta 14-16 Mei lalu, TP-Link mengenalkan beragam produk Customer Premises Equipment (CPE) antara lain CPE router, base station, antena luar ruangan dan aplikasi manajemen terpusat. Perangkat-perangkat ini dirancang khusus untuk membangun aplikasi WIFI point-to-point, point-to-multipoint dan jaringan luar ruangan lain.

Masuk dalam seri Pharos, seluruh produk TP-Link baru tadi sudah menggunakan teknologi MAXtream TDMA yang dipakai untuk mejaga keandalan jaringan dan TX Beamforming untuk menambah jarak jangkau koneksi nirkabel.

Untuk pengguna yang butuh produk access point dalam ruangan (indoor), TP-Link menyediakan produk EAP120 yang merupakan access point ceiling (ditempel di langit-langit ruangan). Produk yang diklaim memiliki kecepatan hingga 300Mbps ini sudah dilengkapi dengan fitur Power Over Ethernet (PoE), captive portal, automatic channel assignment,  serta manajemen perangkat terpusat.

tp-link-m7350
TP-Link M7350, MIFI mungil yang mendukung 4G LTE Cat 4.

Produk lain yang juga dikenalkan di ajang pameran bussiness to bussiness ini adalah Archer C9 AC 1900 Wireless Dual Band Gigabit Router dan TP-Link M7350. Yang terakhir disebut adalah produk mobile WIFI (MIFI) yang ditujukan untuk pengguna non bisnis.

“M7350 adalah produk baru kami yang sudah mendukung jaringan 4G LTE kategori (cat) 4. Ia punya fasilitas dual band (2,4GHz & 5GHz) serta bisa disisipkan kartu micro SD 32GB. Cocok untuk mereka yang mobile dan butuh jaringan internet kecepatan tinggi,” jelas General Manager TP-Link Indonesia, Robert Hu.

Kendati sudah dikenalkan secara terbatas, Robert belum merinci kapan produk-produk ini tersedia di pasar Indonesia. “Mereka akan tersedia dalam waktu dekat,” tambahnya.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.